Pages - Menu

Sunday, October 30, 2011

Manfaat dan Fungsi Sistem Operasi

Manfaat Sistem Operasi
Sistem operasi terdistribusi memiliki manfaat dalam banyak sistem dan dunia komputasi yang luas. Manfaat-manfaat ini termasuk dalam sharing resource, waktu komputasi dan komunikasi.

1. Shared Resource
Walaupun perangkat sekarang sudah memiliki kemampuan yang cepat dalam prosesproses komputasi, atau misal dalam mengakses data, tetapi pengguna masih saja menginginkan sistem berjalan dengan lebih cepat. Apabila hardware terbatas, kecepatan yang diinginkan user dapat di atasi dengan menggabung perangkat yang ada dengan sistem DOS.

2. Manfaat Komputasi
Salah satu keunggulan sistem operasi terdistribusi ini adalah bahwa komputasi berjalan dalam keadaan paralel. Proses komputasi ini dipecah dalam banyak titik, yang mungkin berupa komputer pribadi, prosesor tersendiri, dan kemungkinan perangkat prosesorprosesor yang lain. Sistem operasi terdistribusi ini bekerja baik dalam memecah komputasi ini dan baik pula dalam mengambil kembali hasil komputasi dari titik-titik cluster untuk ditampilkan hasilnya.

3. Reliabilitas
Fitur unik yang dimiliki oleh DOS ini adalah reliabilitas. Berdasarkan design dan implementasi dari design sistem ini, maka hilangnya satu node tidak akan berdampak terhadap integritas sistem. Hal ini berbeda dengan PC, apabila ada salah satu hardware yang mengalami kerusakan, maka sistem akan berjalan tidak seimbang, bahkan system bisa tidak dapat berjalan atau mati.

4. Komunikasi
Sistem operasi terdistribusi berjalan dalam jaringan dan biasanya melayani koneksi jaringan. Sistem ini umumnya digunakan user untuk proses networking. User dapat saling bertukar data, atau saling berkomunikasi antar titik baik secara LAN maupun WAN.

Fungsi Sistem Operasi
Secara garis besar Sistem Operasi mempunyai 2 tugas utama, yaitu sebagai :
a. Pengelola Seluruh Sumber Daya Pada Sistem Komputer (Resource Manager).
Yang dimaksud dengan sumber daya pada sistem komputer adalah semua komponen yang memberikan fungsi (manfaat) atau dengan pengertian lain adalah semua yang terdapat atau terhubung ke sistem komputer yang dapat untuk memindahkan, menyimpan, dan memproses data,serta untuk mengendalikan fungsi-fungsi tersebut.

Sumber daya pada sistem komputer, antara lain :
1) Sumber daya fisik
Contoh dari sumber daya fisik diantaranya keyboard, bar-code reader, mouse, joystick, lightpen,track-ball, touchscreen, pointing devices, floppy disk drive, hard-disk, tape drive,optical disk, CD ROM drive, CRT, LCD, printer, modem, ethernet card, PCMCIA, RAM,cache memory, register, kamera, sound card, radio, digitizer, scanner, plotter, dan sebagainya.

Salah satu sasaran yang harus dicapai sistem operasi adalah dapat memanfaatkan seluruh sumber daya agar dapat digunakan secara efektif dan efisien mungkin.

2) Sumber daya abstrak
Terdiri dari :
    Data, misalnya :Semaphore untuk pengendalian sinkronisasi proses-proses, PCB (Process Control Block) untuk mencatat dan mengendalikan proses, tabel segmen,tabel page, i-node, FAT, file dan sebagainya.
    Program yang berupa kumpulan instruksi yang dapat dijalankan oleh sistem komputer, yang dapat berupa utilitas dan program aplikasi pengolahan data tertentu.

b. Penyedia layanan (extended/virtual machine)
Secara spesifik berfungsi :
  1. Memberi abstaksi mesin tingkat tinggi yang lebih sederhana dan menyembunyikan kerumitan perangkat keras. Sistem operasi menyediakan system call (API=Application Programming Interface) yang berfungsi menghindarkan kompleksitas pemograman dengan memberi sekumpulan instruksi yang mudah digunakan.
  2. Basis untuk program lain. Program aplikasi dijalankan di atas sistem operasi yang bertujuan untuk memanfaatkan dan mengendalikan sumber daya sistem komputer secara benar,efisien, dan mudah dengan meminta layanan sistem operasi.
Baca Juga :
Pengertian Sistem Operasi Terdistribusi

Saturday, October 29, 2011

Sistem Operasi Terdistribusi

Sistem operasi terdistribusi adalah salah satu implementasi dari sistem terdistribusi, di mana sekumpulan komputer dan prosesor yang heterogen terhubung dalam satu jaringan. Koleksi-koleksi dari objek-objek ini secara tertutup bekerja secara bersama-sama untuk melakukan suatu tugas atau pekerjaan tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan hasil secara lebih, terutama dalam:
  • file system
  • name space
  • Waktu pengolahan
  • Keamanan
  • Akses ke seluruh resources, seperti prosesor, memori, penyimpanan sekunder, dan
  • perangakat keras.
Sistem operasi terdistribusi bertindak sebagai sebuah infrastruktur/rangka dasar untuk network-transparent resource management. Infrastruktur mengatur low-level resources (seperti Processor, memory, network interface dan peripheral device yang lain) untuk menyediakan sebuah platform untuk pembentukan/penyusunan higher-level resources(seperti Spreadsheet, electronic mail messages, windows).

Monday, October 10, 2011

Virus Menginfeksi Pengoperasian Drone AS


Drone AS
WASHINGTON (Arrahmah.com) – Sebuah laporan menyatakan bahwa sebuah virus komputer telah menginfeksi pengoperasian drone Predator dan Reaper milik Amerika Serikat yang terbang di sekitar Afghanistan, Pakistan, dan wilayah pertempuran lainnya.

Host-Based Security System milik militer salibis AS mendeteksi virus di Pangkalan Udara Creech di Nevada dua pekan lali, majalah Wired melaporkan pada hari Jumat (7/10/2011).

Virus itu menginfeksi setiap keystroke yang mengendalikan drone dari jarak jauh.Meski demikian militer AS menjamin sejauh ini belum ada infromasi rahasia yang bocor atau hilang ke sumber luar, menurut spesialis keamanan jaringan.“Kami terus berusaha untuk melenyapkannya namun virus itu terus datang kembali,” kata seorang sumber yang akrab dengan infeksi jaringan. “Kami pikir itu jinak. Namun kami bisa memastikan.”

Para spesialis masih belum yakin apakah virus yang sempat mengganggu kinerja pesawat andalan AS ini sengaja dimasukkan atau menjangkiti kendali drone karena faktor ketidaksengajaan.Spesialis juga tidak tahu persis seberapa jauh virus itu telah menyebar.AS telah sangat mengandalkan drone di Irak, Afghanistan, dan Pakistan, serta akhir-akhir ini semakin marak di Libya, Yaman, dan Somalia, dengan dalih memberantas militan, tetapi serangan udara itu malah membuktikan kebrutalan AS untuk membunuh warga sipil tak berdosa.

Sejak Presiden Barack Obama berkuasa, sekitar 30 pesawat diarahkan CIA telah mencapai target di Pakistan lebih dari 230 kali, menurut laporan Washington Post.Lebih dari 150 drone Predator dan Reaper tambahan, di bawah kendali Angkatan Udara AS, mengawasi pertempuran di Afghanistan dan Irak. (althaf/arrahmah.com)

Sumber : arrahmah.com

Saturday, October 8, 2011

Tips Memilih Flashdisk

Flash Disk Drive (FDD)
Flash disk (FD) sat ini merupakan sebuah keharusan bagi mereka yang berkecimpung di dunia komputer. Anak sekolah hingga kuliah saat ini rata-rata memilikinya.


Sudah tidak zaman lagi memakai disket untuk menyimpan data yang bisa dibawa kemana-mana. Kenggunaan CD atau DVD pun sekarang masih repot karena sulitnya proses burning. Selain itu, CD tidak mudah dalam pertukaran data. Anda harus menghapus atau memformat ulang CD jika ada datanya. Jika mau memasukan data, Anda harus memburn-nya. Intinya disket dan CD sangat repot jika digunakan untuk media pertukaran data.

Melihat hal ini, maka flash disk lah (atau yang sering orang bilang usb disk) yang bisa memenuhi kebutuhan akan kapasitas dan kemudahan pertukaran data yang portable. Tulisan ini bisa jadi bahan pertimbangan dalam membeli flash disk.

Kapasitas
Hal ini ditentukan oleh jenis user. Jika Anda adalah anak sekolah yang hanya memakai untuk menyimpan tugas-tugas sekolah dan beberapa gambar atau musik, maka kapasitas 1GB pun sudah mencukupi.

sebagai contoh dan pertimbangan berdasarkan kebutuhan :

1. Anak Sekolah (tugas,musik,gambar) = 1GB
2. Anak Sekolah (tugas,musik,gambar,download dari internet) = 2 - 4GB
3. Umum (tugas,musik,gambar,download dari internet,design pekerjaan) = 4GB - 8GB
4. Umum (tugas,musik,gambar,download dari internet,programming) >= 4GB - 8GB
5.Umum (murni kerja di dunia web, design, programming, atau hal serius lain) > 4 GB; disarankan menggunakan hard disk eksternal saja. Harganya jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan flash disk.

Fitur Flash Disk
Jangan terlalu tergiur dengan fitus bawaan dari flash disk. Misalnya, antivirus, program-program kecil, games kecil, dan lainnya. Ini semua bisa didapat dengan mudah tanpa harus membayar lebih dari mereka. Terlebih lagi, umunya program gratis mereka tidak begitu terpakai oleh kita.

Bentuk
Yang paling penting yaitu penutup flash disk. Pilihlah yang tutupnya menyambung pada badan flash disk. Semakin sering Anda membuka tutupnya, akan semakin longgar dia menutup. Sering terjadi tutup flash disk hilang karena sudah lama dipakai. Belilah yang memiliki bentuk sederhana namun menjamin bagian-bagian dari flash disk itu tidak akan hilang, terutama tutupnya.

Garansi
Jangan tergiur pada garansi seumur hidup. Faktanya, jarang ada orang yang datang lagi ke toko tempat ia membeli untuk menagih garansi ketika flash disknya rusak. Mereka cenderung memilih untuk membeli yang baru. Pada dasarnya, semua flash disk bagus. Tentu saja penting melihat apa yang ditawarkan pihak produsenya. Namun, jangan terlalu tergiur pada masalah garansi.

Merek
Memang merek memegang peranan, namun sebenarnya yang perlu di perhatikan adalah keamanan dan standarisasi dari produk, lihatlah lebih lanjut pada bungkus flashdiks anda, dan bila perlu cari tau via internet. pilihlah merek yang banyak orang sekitar anda pakai. Jika mereknya jarang didengar, bisa jadi komputer Anda tidak bisa mengenalinya. dan susah mencari drivernya. 

Sumber : Info Komputer 4Kita

Steve Job seorang CEO Apple Digaji $1 Per-Bulan

Steve Job
CEO Apple, Steve Job, mengundurkan diri pada Rabu, 24 Agustus 2011, akibat kondisi kesehatannya yang menurun. Perannya sangat vital dalam membesarkan Apple hingga menjadi salah satu perusahaan kelas dunia. Namun, siapa sangka, Job hanya digaji $1 per bulan. 

Dilansir dari Associated Press, Sejarah Jobs merintis komputer Apple dimulai dengan seorang teman SMA-nya di sebuah garasi di Silicon Valley pada tahun 1976. Dia sempat keluar 10 tahun kemudian lalu kembali bergabung di saat Apple telah menjadi salah satu perusahaan teknologi paling maju di dunia.
 
Jobs terkenal akan idenya menciptakan sekaligus memasarkan teknologi yang mengubah trend dunia, mulai dari komputer hingga iPod dan iPhone. Teknologinya tetap menjaga idealisme desain yang minimalis dan mendobrak semua patokan yang ada. Bahkan saat dia ketahuan menderita kanker pankreas pada tahun 2004, Jobs masih mampu mencipta sebuah karya baru.


Pemutar musik iPod mungkin adalah salah satu produk Apple yang paling mempengaruhi laju teknologi musik di dunia. Selama 10 tahun sejak dibuat pada 2001, iPod masih merupakan barang paling dicari saat ini.

Pada 2007, Apple mengembangkan iPhone yang merupakan gabungan antara telepon genggam dan piranti lainnya seperti penyimpan foto, permainan dan web browser. Pada 2010, Jobs memperkenalkan iPad, sebuah komputer layar sentuh yang laris manis di pasaran walaupun para pengamat mengatakan benda tersebut tidak berguna.

Karena penjualan yang besar, nilai perusahaan Apple bahkan mengalahkan raksasa minyak AS, Exxon Mobil, pada awal bulan ini. Namun, di balik kesuksesan Apple, ternyata Jobs hanya digaji US$1 per bulannya.


Pemasukan terbesarnya berasal dari bagi hasil keuntungan perusahaan Apple dan Disney. Jobs memiliki 5,4 miliar saham Apple dan 138 juta saham Disney. Dari keduanya, dia mendapatkan keuntungan sekitar US$578 juta atau sekitar Rp4,9 triliun.

Pada 2004, dia didiagnosa mengidap kanker pankreas dan telah menjalani pengobatan. Dia pernah dinyatakan sembuh sampai pada tahun 2009 penyakitnya kambuh lagi.

Miliarder ini ternyata tidak lulus kuliah. Dia memutuskan keluar dari Universitas Reed di Portland, Oregon, pada semester awal karena mengira bangku kuliah tidak akan membuatnya berhasil. “Saya tidak tahu apa yang ingin saya lakukan dalam hidup dan tidak tahu apa yang dapat dilakukan bangku kuliah akan membantu saya menemukan tujuan hidup,” katanya.