Pages - Menu

Wednesday, May 4, 2011

Speedy Music Unlimited: Layanan Musik Digital Tanpa Batas dari Speedy

Jakarta, 2 Mei 2011 – Untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggan internet cepat Speedy khususnya penggemar musik, Telkom memperkenalkan layanan Speedy Music Unlimited yang memungkinkan para pelanggan Speedy mengunduh berbagai konten musik digital secara legal. Layanan musik digital Speedy Music Unlimited merupakan salah satu upaya Telkom untuk memperluas portofolio produk, yang salah satunya adalah konten musik.

Menurut Operation Vice President Public Relations Telkom, Agina Siti Fatimah, Speedy harus mampu memberikan nilai tambah pelanggan yang tidak dapat diberikan oleh kompetitor khususnya operator wireless broadband lainnya. “Nilai kompetitif dari produk fixed broadband sebenarnya ada pada reliability dan jaminan kecepatan akses (speed). Dua hal ini akan sangat susah dipenuhi secara sempurna oleh penyedia produk wireless broadband,” demikian menurut Agina.

Speedy sebagai leader di bidang fixed broadband internet saat ini terus berinovasi untuk dapat terus memperkuat posisinya di pasar dan bersaing di industri broadband. Salah satu inovasi yang terus dilakukan oleh Speedy adalah secara konsisten menonjolkan nilai kompetitif Speedy di sisi reliability dan kecepatan. Nilai kompetitif tersebut terutama akan muncul ketika akses broadband dibebani untuk dilewati fitur-fitur konten dengan bandwidth yang besar.

Salah satu konten yang sekarang ini sedang jadi trend adalah unduhan lewat akses digital yaitu konten musik. Konten musik digital di Indonesia pada saat ini biasanya diunduh melalui situs-situs ilegal. Meskipun konten yang didapat dari situs illegal kualitasnya rendah, memiliki risiko mengandung virus serta kurang lengkap koleksinya namun karena sifatnya gratis banyak konsumen di Indonesia masih mengakses situs-situs ilegal ini.

Melihat hal tersebut, Speedy mengeluarkan paket Speedy Music Unlimited yang memberikan kemudahan kepada pelanggan Speedy mengakses ke www.melon.co.id untuk mengunduh (download) file-file music digital secara bebas (unlimited) dan tentunya legal. Saat ini katalog lagu yang dapat diakses melalui PC, laptop maupun perangkat mobile sudah lebih dari 500 ribu lagu dan pada akhir tahun akan mencapai 1 juta lagu terpilih internasional dan lokal secara legal dan berkualitas digital terbaik.

Speedy Music Unlimited terselenggara atas kerjasama Speedy dengan PT. MelOn Indonesia (www.melon.co.id), sebagai provider konten musik digital. Pada masa promosi ini, seluruh Pelanggan Speedy akan mendapatkan akses gratis untuk mendownload lagu Unlimited selama 1 bulan pertama dan selama 6 bulan berikutnya cukup membayar Rp 4.900 saja perbulannya. Lagu dapat diunduh di Handphone, PC, Warnet/Streaming, dan PMP (Portable Multimedia Player), dengan fasilitas download lagu melalui user interface WEB, WAP, dan PC Client. Hal ini memungkinkan lagu didengarkan multi device dengan cara sinkronisasi. “Jauh lebih murah daripada lagu bajakan,” tandas Agina.

Dengan adanya distribusi musik digital ini diharapkan dapat menumbuhkan industri musik tanah air yang saat ini mengalami penurunan penjualan CD akibat maraknya pembajakan. Selain itu penjualan musik digital yang diluar negeri sudah sangat populer, diharapkan dapat menjadi pendapatan yang dapat diandalkan industri musik dan musisi kedepannya.

PT. MelOn Indonesia adalah perusahaan patungan (joint venture) Telkom dan SK Telecom dari Korea Selatan. SK Telecom telah meluncurkan Layanan Musik Digital (Digital Music Service) yang menyediakan layanan download dan streaming musik secara tak terbatas (unlimited). Layanan ini disebut sebagai “MelOn” (kependekan Melody Online, www.MelOn.co.id).

Perbedaan utama dari MelOn terhadap service atau produk eksisting adalah dalam hal penguasaan value chain-nya. MelOn mempunyai gudang lagu (music license bank atau MLB) sendiri yang dilengkapi dengan katalog lagu lokal dan internasional dan dilengkapi dengan service unlimited download untuk seluruh katalog lagu. Dengan penguasaan value chain ini maka akan membawa kemudahan bagi MelOn untuk melakukan development varian – varian service baru, karena pengelolaan platform music license bank sudah terintegrasi dengan pengelolaan platform service-nya.

PT. MelOn Indonesia diharapkan menciptakan sebuah model bisnis baru yang dapat memuaskan seluruh stakeholders bisnis konten – dari pelanggan hingga operator layanan seperti toko-toko musik online dan operator-operator layanan kabel dan nirkabel – dengan memanfaatkan kemampuan ICT dan pengalaman yang mumpuni di bisnis tersebut.

Telkom selenggarakan Seminar Musik Internasional
Dalam industri musik Telkom fokus membangun ekosistem yeng bertujuan meningkatkan industri musik. Ekosistem tersebut antara lain: infrastruktur, e-commerce, platform, supply dan distribusi musik digital antara lain melalui Speedy, RBT platform yang mampu menampung 20 jt RBT, Plasa.com, Speedytrek, Langit Musik, Flexi Musik dan Melon. Telkom juga secara konsisten memberikan apresiasi untuk mendukung kreativitas musik melalui program Indigo yang memberikan apresiasi bagi musisi terbaik tanah air sejak 2009.

Sementara itu sebagai salah satu bentuk kepedulian Telkom Group bagi industri musik yg bertujuan untuk membuka wawasan para pelaku industri musik, baik para artis, pencipta, perusahaan rekaman, dan konten provider Telkom mengadakan seminar Internasional yang bertema ‘Towards The Fortune of Indonesian Music Unlimited 2020’. Seminar yang diselenggarakan di Grha Citra Caraka, Jakarta (2/5) ini akan mendiskusikan prediksi bagaimana industri musik masa depan serta apa yang harus disiapkan oleh pemain untuk menghadapinya. Pada seminar ini Telkom menghadirkan pembicara kelas dunia Mr. Gerd Leonhard disamping pembicara lokal lainnya yang mewakili musisi, label, konten provider, pengamat musik dan media musik.

Gerd Leonhard adalah seorang Media & Music futurist, blogger, penulis buku terkenal antara lain “Music 2.0” dan “Fiction is Frictio”n. Ia dikenal memiliki pandangan yang luas tentang bagaimana bentuk industri musik maupun industri hiburan lima belas tahun ke depan. Leonhard banyak menulis mengenai new technology, media content dan teknologi konvergensi.

Seminar akan dipimpin oleh Gerd Leonhard juga menghadirkan para musisi papan atas Indonesia sebagai pembicara, antara lain Piyu ”Padi”, Baron dan pengamat industri musik Bens Leo. 
 

No comments:

Post a Comment