Pages - Menu

Sunday, August 28, 2011

Meraih Mimpi / Sing to the Dawn

Judul : Meraih Mimpi / Sing to the Dawn
Date Released : 16 September 2009
Quality : CD(2)
Info :-
Penulis : Nia Dinata
Genre : Animasi | Drama
Download :




Sinopsis

Dana (Gita Gutawa) adalah seorang gadis cilik yang tinggal di sebuah desa kecil di Batam. Dia tinggal bersama adik kecilnya, Rai (Patton Latupeirissa), ayahnya Somad (Uli Herdinansyah), dan neneknya yang biasa disebut "Oma" (Jajang C. Noer).

Desa tempat Dana tinggal tersebut dikuasai oleh Pairot (Surya Saputra), seorang pengusaha dan tuan tanah kejam tak berperasaan yang sering tampil menggunakan busana dan wig dengan dandanan ala Elvis Presley. Pairot membebani semua warga desa tersebut dengan pajak tanah yang keterlaluan dan kelewatan tinggi. Dia mengaku bahwa seluruh tanah desa tersebut adalah miliknya, setelah dia mengatakan pada warga desa bahwa dia memiliki surat warisan yang ditulis oleh Raja Ramelan, penguasa desa tersebut dulunya, yang mewariskan tanah desa tersebut pada Pairot. Peduduk desa tidak menyadari bahwa Pairot sedang merencanakan rencana jahat untuk mengusir warga desa dan menghancurkan desa tersebut untuk membangun sebuah kota perhotelan dan kasino ala Las Vegas di atasnya.

Setelah mengetahui rencana jahat Pairot, Dana dengan bantuan adiknya terjun ke dalam sebuah perjuangan untuk menyelamatkan desa yang dicintainya. Dengan petunjuk dari Kakek Wiwien (Jose Rizal Manua) seorang lelaki penduduk desa yang tua tapi gila, Dana juga berusaha untuk menemukan surat warisan Raja Ramelan yang asli. Usahanya tersebut membawa Dana dan adiknya ke dalam sebuah petualangan yang sangat mendebarkan layaknya film pemburu harta karun.

Seiring jalan cerita, sebagai seorang perempuan, Dana banyak mengalami kesulitan dan juga kesedihan dalam segala macam hal. Salah satunya adalah bahwa Dana dipaksa oleh ayahnya untuk mengikuti tradisi patriarkis di kampungnya untuk dijodohkan dan dinikahkan, dimana ayahnya ingin menikahkannya dengan si bodoh Ben (Indra Bekti), anak lelaki Pairot. Namun dalam perjuangannya, Dana dan Rai juga dibantu oleh banyak teman yang unik, seperti serombongan binatang hutan lucu yang dapat saling berbicara satu sama lain, di antaranya burung kakatua bernama Kakatu (Cut Mini), gagak bernama Minah (Shanty), Kadal (Ria Irawan), sampai beruang bernama Tante Bear (Tike Priatnakusumah).

Perjalanan Dana juga menjadi sangat unik, ketika ia sadar bahwa satu-satunya jalan untuk dapat berjuang melawan ketidakadilan pada dirinya adalah hanya dengan memenangkan kompetisi beasiswa untuk melanjutkan sekolahnya di kota besar. Ditemani dengan binatang-binatang hutan dan Rai, Dana tidak hanya berhasil mendapatkan beasiswa, tetapi mereka juga menemukan rahasia tuan tanah akan identitasnya yang sebenarnya.

Di penghujung cerita, film Meraih Mimpi adalah sebuah kisah perjuangan hidup seorang anak perempuan dan keluarganya yang mencintai binatang dan lingkungan, dan tak pernah berhenti bermimpi dan berjuang. 

Sumber : Wikipedia & Indowebster

Jaringan Komputer

Sinyal listrik maupun sinyal dalam bentuk gelombang elektromagnetik pada suatu jaringan komputer merambat/memancar. Agar suatu jaringan dapat saling bertukar informasi data, diperlukan suatu alat yang disebut Modem (Modulator Demodulator) yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital maupun sebaliknya.

Ada 4 komponen utama yang terdapat pada suatu jaringan, yaitu sender (pengirim data informasi), protokol (yang meng-encode dan men-decode data informasi), media transmisi (medium transfer data), dan receiver (penerima data informasi).

Prinsip kerjanya, pertama-tama sender mengirim sinyal informasi menuju receiver melalui protokol encode yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog kemudian sinyal analog kemudian sinyal melalui media transmisi dan melalui protokol kedua decode kembali menjadi sinyal digital sebelum masuk ke receiver.

Prinsip kerja diatas dapat di analogikan saat orang jepang dan orang inggris sedang chatting melalui internet. Saat orang jepang mengetikkan suatu pesan dalam bahasa jepang maka pesan tersebut akan diubah terlebih dahulu oleh protokol ke dalam bahasa inggris sehingga orang inggris dapat menerima pesan tersebut dalam bahasa inggris dan sebaliknya saat orang inggris membalas pesan orang jepang tersebut maka pesan bahasa inggris akan diubah oleh protokol terlebih dahulu menjadi bahasa jepang sebelum sampai ke orang jepang. Jadi dalam hal ini protokol dapat di istilahkan seperti penerjemah informasi data.

A.Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
  • Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server.
  • Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

B.Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:
  • Jaringan LAN
Merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.
  • Jaringan MAN
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.
  • Jaringan WAN
Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

C.Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
  • Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
  • Jaringan Peer-to-peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

D.Berdasarkan media transmisi data
  • Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
  • Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan tertentu.


Sunday, August 21, 2011

Lumba-lumba dan Teknologi

Lumba-lumba adalah  mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba.



Motor dan Moncong Concorde Meniru Ikan Lumba-lumba

Pesawat Concorde
Dalam penelitian para insinyur  untuk mengurangi gesekan udara pada pesawat concorde,menjadikan moncong lumba-lumba yang berbentuk kumparan sebagai inspiranyinya.Selain itu sirip ikan lumba-lumba yang dijadikan pendorong di dalam air dijadikan inspirasi dalam pembuatan mesin pesawat concorde.Motor pesawat concorde ditempatkan di belakang sebagai pendorong sama halnya dengan sirip lumba-lumba,hasil dari peniruan ini sangat memuaskan.

Haluan Kapal dan Ikan Lumba-lumba

Haluan Kapal
Moncong lumba-lumba dijadikan model untuk haluan kapal modern.Dewasa ini haluan kapal lebih cenderung menggunakan bentuk haluan yang sama dengan moncong lumba-lumba dibandingkan dengan haluan berbentuk V.Bentuk ini memungkinkan haluan kapal lebih mudah dan efisien dalam membelah permukaan air sehingga membantu kapal lebih cepat dan hemat energi sebanyak 25% saat berlayar.



Sonar dan Ikan Lumba-lumba

Lumba memancarkan gelombang bunyi sebesar 200.000 Hz(getaran/detik) dari organ khusus pada bagian depan kepala lumba-lumba.Mereka menggunakan getaran ini untuk mendeteksi rintangan dalam perjalanan dan dapat memperkirakan arah,jarak,kecepatan,ukuran dan bentuk rintangan yang ada di depan mereka.Prinsip kerja sonar sama dengan prinsip kerja sonar pada lumba-lumba

Kapal Selam dan Ikan Lumba-lumba

Kapal Selam
Lumba-lumba memiliki kemampuan bergerak yang cepat di dalam air karena mereka memiliki tubuh  yang berbentuk kumparan.Para ilmuwan telah menemukan keistimewaan lain yang memiliki peranan dalam cepatnya pergerakan lumba-lumba.Para ilmuwan menjelaskan bahwa kulit lumba-lumba tersusun atas 3 lapisan.Lapisan terluar sangat tipis dan luwes,lapisan kedua tebal dan terbuat dari rambut luwes,yang membuat lapisan ini mirip sikat rambut plastik,lapisan ketiga di bagian tengah terbuat dari bahan seperti spons.Di bagian ini meredam tekanan tiba-tiba yang dapat berpengaruh terhadap lumba-lumba yang sedang bergerak pada saat tekanan ditransmisikan ke lapisan dalam
      Setelah melakukan penelitian selama 4 tahun,para insyinyur kapal selam asal jerman berhasil membuat lapisan sinstetis yang memiliki sifat yang sama dengan kulit lumba-lumba.Lapisan ini tersusun atas 2 lapisan karet ,dan diantara keduanya terdapat gelembung seperti pada sel kulit lumba-lumba.Ketika lapisan ini digunakan,kecepatan kapal selam meningkat hingga 250%.

      Referensi :
      Buku Menyingkap Rahasia Alam Semesta Karya Harun Yahya

      Sunday, August 14, 2011

      Mitos tentang Evolusi Kuda

      Deretan kuda dalam pajangan museum ini terdiri atas aneka binatang
      yang hidup dalam zaman maupun lokasi yang berbeda. Di sini,
      mereka disusun secara buatan, satu demi satu, untuk mengisyaratkan
      urutan segaris, menurut satu sudut pandang yang bias. Skenario
      “evolusi” kuda ini tidak mendapatkan dukungan dalam rekaman fosil.
      Hingga baru-baru ini, urutan khayalan evolusi kuda telah dikemukakan sebagai bukti fosil terpenting teori evolusi. Akan tetapi,saat ini banyak pendukung evolusi berterusterang mengakui bahwa skenario evolusi kuda telah hancur. Dalam sebuah simposium empat hari mengenai masalah-masalah teori evolusi bertahap yang diselenggarakan pada tahun 1980 di Museum Lapangan Sejarah Alam, Chicago, dan dihadiri 150 evolusionis, Boyce Rensberger, seorang evolusionis yang memberikan sambutan,mengatakan bahwa skenario evolusi kuda tidak didukung oleh rekaman fosil dan tidak ditemukan proses evolusi yang menjelaskan evolusi kuda secara bertahap:

      Contoh populer evolusi kuda, yang mengemukakan perubahan bertahap dari makhluk seukuran rubah berkaki berjari empat yang hidup hampir 50 juta tahun silam menjadi kuda masa kini yang lebih besar berkaki berjari satu, sudah lama diketahui keliru. Bertentangan dengan perubahan secara bertahap, fosil setiap spesies peralihan tampak sama sekali berbeda, tidak berubah, dan lalu menjadi punah. Bentuk-bentuk peralihan tidak diketahui.

      Seorang ahli paleontologi kenamaan, Colin Patterson, direktur Museum Sejarah Alam,Inggris, mengulas skema “evolusi kuda” yang dipamerkan untuk umum di lantai dasar museum itu:

      “Telah begitu banyak cerita sejarah kehidupan di Bumi ini, sebagian lebih khayalan daripada sebagian lainnya. Contoh paling terkenal, masih dipamerkan di lantai bawah, adalah skema evolusi kuda yang dibuat barangkali 50 tahun lalu. Dan itu telah disajikan sebagai kebenaran harfiah dari buku ke buku. Kini, saya pikir itu perlu disesali,terutama jika mereka yang mengajukan cerita semacam ini sendiri menyadari betapa penuh tebak-tebakannya sebagian skema itu.”

      Jadi, apa yang mendasari skenario “evolusi kuda”? Skenario ini dirumuskan dengan diagram-diagram tipuan yang disusun berurutan dari fosil spesies-spesies berbeda yang hidup pada masa sangat berjauhan di India, Afrika Selatan,Amerika Utara dan Eropa, semata-mata mengikuti khayalan para evolusionis. Lebih dari 20 diagram evolusi kuda, yang saling berbeda satu sama lain,diajukan beragam peneliti. Jelas, para evolusionis tidak bersepakat tentang silsilah ini. Satu-satunya ciri serupa di antara semua diagram itu bahwa makhluk seukuran anjing yang disebut Eohippus yang hidup dalam Periode Eosen 55 juta tahun silam, menjadi moyang kuda (Equus). Akan tetapi, jalur evolusi dari Eohippus ke Equus sama sekali tidak konsisten. Seorang penulis ilmiah yang evolusionis, Gordon R. Taylor, menjelaskan kenyataan yang jarang diakui ini dalam bukunya, The Great Evolution Mystery:

      “Namun, barangkali kelemahan paling serius dari Darwinisme adalah kegagalan para ahli paleontology menemukan filogeni atau silsilah organism yang meyakinkan yang menunjukkan perubahan besar evolusioner ... Kuda sering dikutip sebagai satu-satunya contoh yang telah dirampungkan sempurna. Akan tetapi, sebenarnya, garis yang menghubungkan Eohippus dengan Equus sangat tidak menentu. Garis ini semestinya menunjukkan peningkatan ukuran badan yang tetap. Namun, sejumlah varian nyatanya berukuran lebih kecil daripada Eohippus, bukannya lebih besar.Spesimen-spesimen dari berbagai sumber dapat digabungkan dalam urutan yang tampak begitu meyakinkan, tetapi tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mereka tersusun demikian menurut waktu.”

      Semua fakta ini adalah bukti kuat bahwa diagram-diagram evolusi kuda, yang disajikan sebagai satu bukti paling kokoh bagi Darwinisme,tidak lain hanyalah dongeng fantastis dan tidak masuk akal.


      Referensi : Buku Atlas Penciptaan Karya Harun Yahya

      Rancangan Cerdas, alias PENCIPTAAN

      Memahami secara benar kata “rancangan” itu penting. Bahwa Allah telah menciptakan sebuah rancangan tanpa cela tidak berarti bahwa Ia terlebih dahulu membuat sebuah rencana dan lalu mengikutinya. Allah, Tuhan Bumi dan langit, tidak memerlukan “rancangan-rancangan” untuk menciptakan. Allah terbebas dari segala kekurangan semacam itu. Perencanaan dan penciptaanNya terjadi seketika.Sebagaimana dikatakan oleh ayat-ayat Al Qur’an:

      Sesungguhnya perintahNya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” maka,
      jadilah ia. (QS Ya Sin, 36: 82)

      Allah Pencipta langit dan Bumi, dan bila Dia berkehendak (menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah.” Lalu jadilah ia. (QS Al Baqarah, 2: 117)

      Referensi : Atlas Penciptaan Jilid 1

      Saturday, August 13, 2011

      Pelajaran Dari Bencana Tsunami Bagi Kita

      Gempa bumi tanggal 26 Desember 2004 di Asia Tenggara, yang terbesar dalam kurun waktu 40 tahun terakhir dan terbesar kelima sejak tahun 1900, tercatat 9 pada skala Richter. Gempa tersebut beserta gelombang tsunami yang terjadi setelahnya menyebabkan bencana yang menewaskan lebih dari 220.000 orang. Patahan seluas 1.000 kilometer persegi yang muncul akibat pergerakan sejumlah lempengan di bawah permukaan bumi dan energi raksasa yang ditimbulkan oleh bongkahan tanah raksasa yang berpindah tempat, berpadu dengan energi raksasa yang terjadi di samudra untuk membentuk gelombang tsunami. Gelombang tsunami itu menghantam negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Sri Lanka, India, Malaysia, Thailand, Bangladesh, Myanmar, Maladewa dan Seychelles, dan bahkan pesisir pantai Afrika seperti Somalia, yang terletak sejauh kurang lebih 5.000 kilometer.
      Istilah "tsunami," yang dalam bahasa Jepang berarti gelombang pelabuhan, menjadi bagian dari bahasa dunia pasca tsunami raksasa Meiji pada tanggal 15 Juni 1896 yang melanda Jepang dan menyebabkan 21.000 orang kehilangan nyawa.
      Untuk memahami tsunami, sangatlah penting untuk dapat membedakannya dari pergerakan pasang-surut dan gelombang biasa yang diakibatkan oleh angin. Angin yang bertiup di atas permukaan laut menimbulkan arus yang terbatas pada lapisan bagian atas laut dengan memunculkan gelombang-gelombang yang relatif kecil. Misalnya; para penyelam dengan tabung udara dapat dengan mudah menyelam ke bawah dan mencapai lapisan air yang tenang. Gelombang laut mungkin dapat mencapai setinggi 30 meter atau lebih saat terjadi badai dahsyat, tapi hal ini tidak menyebabkan pergerakan air di kedalaman. Selain itu, kecepatan gelombang laut biasa yang diakibatkan angin tidaklah lebih dari 20 km/jam. Sebaliknya, gelombang tsunami dapat bergerak pada kecepatan 750-800 km/jam. Gelombang pasang surut bergerak di permukaan bumi dua kali dalam rentang waktu satu hari dan, seperti halnya tsunami, dapat menimbulkan arus yang mencapai kedalaman hingga dasar samudra. Namun, berbeda dengan gelombang pasang surut, penyebab gelombang tsunami bukanlah gaya tarik bumi dan bulan.
      Tsunami merupakan gelombang laut berperiode panjang yang terbentuk akibat adanya energi yang merambat ke lautan akibat gempa bumi, letusan gunung berapi dan runtuhnya lapisan-lapisan kerak bumi yang diakibatkan bencana alam tersebut di samudra atau di dasar laut, peristiwa yang melibatkan pergerakan kerak bumi seperti pergeseran lempeng di dasar laut, atau dampak tumbukan meteor. Ketika lantai dasar samudra berpindah tempat dengan kecepatan tinggi, seluruh beban air laut di atasnya terkena dampaknya. Apa yang terjadi di lantai dasar samudra dapat disaksikan pengaruhnya di permukaan air laut, dan keseluruhan beban air laut tersebut, hingga kedalaman 5.000 - 6.000 meter, bergerak bersama dalam bentuk gelombang. Satu rangkaian bukit dan lembah gelombang itu dapat meliputi wilayah hingga seluas 10.000 kilometer persegi.

      Tsunami Tidak Berdampak di Lautan Luas

      Di laut lepas tsunami bukanlah berupa tembok air sebagaimana yang dibayangkan kebanyakan orang, tetapi umumnya merupakan gelombang berketinggian kurang dari 1 meter dengan panjang gelombang sekitar 1.000 kilometer. Di sini dapat dipahami bahwa permukaan gelombang memiliki kemiringan sangat kecil (ketinggian 1 cm yang terbentang sejauh 1 km). Di wilayah samudra dalam dan lepas, gelombang seperti ini terjadi tanpa dapat dirasakan, meskipun bergerak pada kecepatan sebesar 500 hingga 800 km/jam. Hal ini dikarenakan pengaruhnya tersamarkan oleh gelombang permukaan laut biasa. Agar lebih memahami betapa tingginya kecepatan gelombang tsunami, dapat kami katakan bahwa gelombang tersebut mampu menyamai kecepatan pesawat jet Boeing 747. Tsunami yang terjadi di laut lepas tidak akan dirasakan sekalipun oleh kapal laut.

      Tsunami Memindahkan 100.000 Air Laut

      Penelitian menunjukkan bahwa tsunami ternyata bukan terdiri dari gelombang tunggal, melainkan terdiri atas rangkaian gelombang dengan satu pusat di tengah, seperti sebuah batu yang dilemparkan ke dalam kolam renang. Jarak antara dua gelombang yang berurutan dapat mencapai 500-650 kilometer. Ini berarti tsunami dapat melintasi samudra dalam hitungan jam saja. Tsunami hanya melepaskan energinya ketika mendekati wilayah pantai. Energi yang terbagi merata pada segulungan air raksasa menjadi semakin memadat seiring dengan semakin mengerutnya gulungan air tersebut, dan meningkatnya tinggi gelombang permukaan secara cepat dapat diamati. Gelombang berketinggian kurang dari 60 cm di laut lepas kehilangan kecepatannya saat mendekati perairan dangkal, dan jarak antargelombangnya pun berkurang. Akan tetapi, gelombang yang saling bertumpang tindih memunculkan tsunami dengan membentuk dinding air. Gelombang raksasa ini, yang biasanya mencapai ketinggian 15 meter tapi jarang melebihi 30 meter, melepaskan kekuatan dahsyat saat menerjang pantai dengan kecepatan tinggi, sehingga menyebabkan kerusakan hebat dan menelan banyak korban jiwa.
      Tsunami memindahkan lebih dari 100.000 ton air laut ke daratan untuk setiap meter garis pantai, dengan daya rusak yang sulit dibayangkan. (Gelombang tsunami terbesar yang pernah diketahui, yang melanda Jepang pada bulan Juli 1993, naik hingga 30 meter di atas permukaan air laut.) Tanda awal datangnya tsunami biasanya bukanlah berupa dinding air, akan tetapi surutnya air laut secara mendadak.

      Tsunami-tsunami Besar Dalam Sejarah 

      Gelombang-gelombang laut raksasa terbesar akibat gempa bumi yang tercatat dalam sejarah adalah sebagai berikut
      Gelombang raksasa paling tua yang pernah diketahui akibat gempa di laut, yang diberi nama "tsunami" oleh orang Jepang dan "hungtao" oleh orang Cina, adalah yang terjadi di Laut Tengah sebelah timur pada tanggal 21 Juli 365 M dan menewaskan ribuan orang di kota Iskandariyah, Mesir.
      Ibukota Portugal hancur akibat gempa dahsyat Lisbon pada tanggal 1 November 1775. Gelombang samudra Atlantik yang mencapai ketinggian 6 meter meluluhlantakkan pantai-pantai di Portugal, Spanyol dan Maroko.
      27 Agustus 1883: Gunung berapi Krakatau di Indonesia meletus dan gelombang tsunami yang menyapu pantai-pantai Jawa dan Sumatra menewaskan 36.000 orang. Letusan gunung berapi tersebut sungguh dahsyat sehingga selama bermalam-malam langit bercahaya akibat debu lava berwarna merah.
      15 Juni 1896: "Tsunami Sanriku" menghantam Jepang. Tsunami raksasa berketinggian 23 meter tersebut menyapu kerumunan orang yang berkumpul dalam perayaan agama dan menelan 26.000 korban jiwa.
      17 Desember 1896: Tsunami merusak bagian pematang Santa Barbara di California, Amerika Serikat, dan menyebabkan banjir di jalan raya utama.
      31 Januari 1906: Gempa di samudra Pasifik menghancurkan sebagian kota Tumaco di Kolombia, termasuk seluruh rumah di pantai yang terletak di antara Rioverde di Ekuador dan Micay di Kolombia; 1.500 orang meninggal dunia.
      1 April 1946: Tsunami yang menghancurkan mercu suar Scotch Cap di kepulauan Aleut beserta lima orang penjaganya, bergerak menuju Hilo di Hawaii dan menewaskan 159 orang.
      22 Mei 1960: Tsunami berketinggian 11 meter menewaskan 1.000 orang di Cili dan 61 orang di Hawaii. Gelombang raksasa melintas hingga ke pantai samudra Pasifik dan mengguncang Filipina dan pulau Okinawa di Jepang.
      28 Maret 1964: Tsunami "Good Friday" di Alaska menghapuskan tiga desa dari peta dengan 107 warga tewas, dan 15 orang meninggal dunia di Oregon dan California.
      16 Agustus 1976: Tsunami di Pasifik menewaskan 5.000 orang di Teluk Moro, Filipina.
      17 Juli 1998: Gelombang laut akibat gempa yang terjadi di Papua New Guinea bagian utara menewaskan 2.313 orang, menghancurkan 7 desa dan mengakibatkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.
      26 Desember 2004: Gempa berkekuatan 8,9 pada skala Richter dan gelombang laut raksasa yang melanda enam negara di Asia Tenggara menewaskan lebih dari 156.000 orang.

      Penyebab Tingginya Daya Rusak Tsunami 

      Menurut informasi yang diberikan oleh Dr. Walter C. Dudley, profesor oseanografi dan salah satu pendiri Museum Tsunami Pasifik, tak menjadi soal seberapa besar kekuatan gempa bumi, pergerakan lantai dasar samudra merupakan syarat terjadinya tsunami. Dengan kata lain, semakin besar perpindahan lempeng kerak bumi di lantai dasar samudra, semakin besar jumlah air yang digerakkannya, dan hal ini akan menambah kedahsyatan tsunami. Hal lain yang meningkatkan daya rusak tsunami adalah struktur pantai yang diterjangnya: Selain faktor seperti bentuk pantai yang berupa teluk atau semenanjung, landai atau curam, bagian dari pantai yang selalu berada di dalam air mungkin saja memiliki struktur yang dapat menambah kedahsyatan gelombang pembunuh.
      Dalam pernyataannya lain, yang memperjelas bahwa tindakan pencegahan yang dilakukan tidak dapat dianggap sebagai jalan keluar sempurna, Dudley mengatakan bahwa Amerika dan Jepang telah mendirikan perangkat pemantau paling mutakhir di Samudra Pasifik, tapi seluruh perangkat ini memiliki tingkat kesalahan lima puluh persen!

      Tanda-tanda Akhir Zaman 

      Bencana alam, yang tidak dapat dicegah menggunakan sarana teknologi atau tindakan penanggulangan dini, menunjukkan betapa tak berdaya manusia sesungguhnya.
      Dari abad ke-20, yang ditengarai sebagai "abad bencana alam", hingga kini, telah terjadi sejumlah bencana alam besar seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, angin tornado, badai, angin topan, angin puyuh, dan banjir, disamping tsunami, dan semua ini telah menimpakan kerusakan parah dan merenggut nyawa jutaan manusia. Ketika seseorang memikirkan fenomena luar biasa ini, dapat dipahami bahwa hal ini memiliki kemiripan dengan fenomena alam yang dinyatakan sebagai pertanda masa awal dari Zaman Akhir.
      Menurut apa yang dinyatakan dalam hadits, Zaman Akhir adalah suatu masa yang akan datang menjelang terjadinya hari kiamat, dan ketika nilai-nilai Al Qur'an tersebar luas ke masyarakat. Tahap pertama dari Zaman Akhir adalah di kala manusia menjauhkan diri dari nilai-nilai ajaran agama, ketika peperangan semakin meningkat, dan fenomena alam luar biasa terjadi.
      Demikianlah, di dalam sejumlah hadits, kota-kota dan bangsa-bangsa yang dilenyapkan dari lembaran sejarah dikabarkan sebagai tanda-tanda Zaman Akhir. Dalam hadits-hadits yang mengupas masalah tersebut Nabi kita menyatakan:
      "Saat (Hari Akhir) tidak akan terjadi hingga ... gempa bumi menjadi sering terjadi." (Bukhari)
      "Peristiwa-peristiwa besar akan terjadi di masanya [Imam Mahdi]." (Ibnu Hajar Haytahami, Al-Qawl al-Mukhtasar fi'alamat al-Mahdi al-Muntazar, h. 27)
      Ada dua peristiwa besar sebelum hari Kiamat ... dan kemudian tahun-tahun gempa bumi. (Diriwayatkan oleh Ummu Salamah (r.a.))
      "Banyak peristiwa yang begitu menyedihkan akan terjadi di masanya [Imam Mahdi]." (Imam Rabbani, Letters of Rabbani, 2/258)
      Di tahap kedua Zaman Akhir, Allah akan membebaskan manusia dari kebobrokan akhlak dan peperangan melalui Imam Mahdi. Di masa ini, yang dikenal sebagai Zaman Keemasan, peperangan dan pertikaian akan berakhir, dunia akan dipenuhi oleh kemakmuran, keberlimpahan dan keadilan, dan nilai-nilai ajaran Islam akan melingkupi bumi dan diamalkan secara luas. Masa seperti ini tidak pernah terjadi sebelumnya, dengan izin Allah, tetapi akan berlangsung sebelum hari kiamat. Tahap ini sekarang tengah menunggu saatnya yang ditentukan oleh Allah.
      Segala sesuatu di bawah kendali Allah. Orang-orang beriman yang memahami kebenaran ini dan yang memiliki keimanan tulus kepada Allah, berserah diri kepada Tuhan kita dengan pemahaman bahwa mereka tengah mengikuti takdir mereka. Allah telah mengatur segala sesuatu dengan sempurna, hingga rinciannya yang terkecil, sejak penciptaan bumi hingga Hari Kiamat. Segala sesuatu dicatat dalam kitab "Lauh Mahfuz". Segala sesuatu telah terjadi dalam satu waktu dalam pandangan Allah, Yang tidak terikat oleh ruang ataupun waktu, dan ruang serta waktu dari setiap peristiwa telah ditetapkan. Fakta ini dinyatakan dalam sebuah ayat: "Untuk tiap-tiap berita (yang dibawa oleh rasul-rasul) ada (waktu) terjadinya dan kelak kamu akan mengetahui." (Al Qur'an, surat Al An'aam, 6:67) 

      Sumber : Harun Yahya

      Monday, August 8, 2011

      Lowongan Kerja Bagi Hacker

      foto berita artikel
      Pemerintah Amerika Serikat membuka lowongan bagi para peretas (hacker) sistem komputer yang merasa dirinya cukup piawai menangani yang mereka sebut "masalah paling berat di muka bumi".

      National Security Agency mengaku butuh banyak peretas untuk menghadapi perang cyber yang semakin menjadi ancaman keamanan nasional. Tugasnya antara lain memperkuat jaringan, menjaganya agar tetap terbarui, melakukan uji coba menembus sistem untuk menemukan celah keamanan, dan mengamati tanda-tanda adanya serangan.

      Ketersediaan tenaga peretas profesional ini kalah banyak dibanding jumlah yang dibutuhkan Amerika. Itu sebabnya sejumlah agen federal mulai dari DOD, DHS, NASA, dan NSA datang ke Las Vegas minggu ini, menghadiri Defcon, konvensi tahunan para peretas sedunia.

      NSA membutuhkan sedikitnya 1.500 orang pada tahun fiskal yang berakhir 30 September 2011 dan 1.500 orang lagi di tahun depan, kebanyakan dari mereka adalah tenaga ahli cyber. Di ajang Defcon, yang diikuti sekitar 10.000 peserta, NSA harus bersaing dengan badan lainnya untuk menemukan tenaga terbaik.

      NSA yang merupakan agen mata-mata Amerika Serikat selama ini menjalankan strategi menyerang dan bertahan dalam perang cyber. Lembaga ini mematai-matai musuh dan melindungi jaringan komputer Amerika Serikat yang menyimpan materi super rahasia--target empuk para musuh Amerika.

      "Saat ini pejuang cyber yang kita butuhkan, bukan ilmuwan roket," kata Richard George, direktur teknis Information Assurance Directorate, NSA, yang menangani sistem pertahanan cyber.
      "Inilah perang yang kita hadapi sekarang. Dan kami butuh tenaga terbaik dan terpintar yang siap menyandang predikat pejuang cyber."
      Sumber : National Geographic Indonesia dan BeritaNet

      Wednesday, August 3, 2011

      Autodesk 3ds Max : User Interface

      Ini adalah tampilan awal di layar saat kita membuka program 3ds Max :
      Tampilan awal saat membuka 3ds Max
      Setiap kita membuka 3ds Max maka akan tampil layar seperti gambar di atas,kita sebut saja Welcome Screen.Welcome screen yang didalamnya terdapat Essential Skill Movies memberikan video tutorial yang cukup dasar,jika kamu sudah familiar maka bisa menutupnya dengan menghilangkan centang pada dialog Show this dialog at startup,kemudian klik close.

      Logikanya untuk menggunakan perangkat lunak kita harus menguasai user interface.

      Autodesk 3ds Max : Pengenalan

      Mungkin banyak orang yang mengenal Macromedia Flash dan Swish MX untuk animasi 2D serta Blender untuk animasi 3D,tapi tidak banyak orang yang tahu mengenai perangkat lunak 3ds Max ini bahkan di kalangan mahasiswa,baik mahasiswa yang mempelajari komputer maupun yang tidak.

      Apa itu 3ds Max ?
      Autodesk 3ds Max atau yang sering disebut 3ds Max atau Max saja merupakan perangkat lunak berbasis vektor 3D yang di produksi Autodesk Inc(dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic) yang digunakan oleh game developers dalam pembuatan game,animator dalam pembuatan animasi,dan visual effect artists atau graphic designer dalam pembuatan efek film dan iklan di televisi.

      Apa saja keunggulan 3ds Max ?
      • Bekerja pada Microsoft Windows
      • Kemampuan mengedit yang serba bisa
      • Memiliki plugin yang banyak
      Ada 5 metode pemodelan dasar:
      • Pemodelan dengan primitif
      • NURMS(subdivision surfaces)
      • Surface tool
      • NURBS
      • Pemodelan polygon
      Nah...kita sudah kenal kan dengan 3ds Max,untuk lebih mengenal 3ds Max secara mendalam,baiknya kita mengenalnya dengan mencoba memperaktekannya.

      3ds Max : Main Window

      Main Window

      1. Application button
      2. Quick Access toolbar
      3. InfoCenter
      4. Menu bar
      5. Main toolbar
      6. Command panel tabs
      7. Object categories (Create panel)
      8. Rollout
      9. Viewport navigation controls
      10. Animation playback controls
      11. Animation keying controls
      12. Prompt line and status bar controls
      13. MAXScript mini-listener
      14. Track bar
      15. Time slider
      16. Viewports
      17. Modeling ribbon

      Tuesday, August 2, 2011

      Ubuntu 2 : from zero

      Judul : Ubuntu 2 : from zero
      Penulis : Eri Bowo
      ISBN : 978-979-1090-44-5
      CD : Ya
      eLearning : Tidak
      Index : Tidak
      Halaman : 214
      Level : Semua Level



      Ubuntu memang sistem operasi gratis namun tidak semua yang gratis itu biasa-biasa saja atau bahkan tidak bisa mengalahkan sistem operasi berbayar. Ubuntu adalah contohnya ! Buku ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana ubuntu bisa unggul dalam berbagai hal terutama dalam segi visual efek yang semuanya gratis untuk didapatkan.
      Pernah melihat layar yang terbakar oleh api dan desktop berbentuk kubus 3D ? Ah, itu masih belum ada apa-apanya. Pada buku ini, Anda akan mempelajari banyak hal yang dasyat pada ubuntu, diantaranya adalah :
      • Bagaimana menginstall OS seperti Microsoft Windows didalam mesin ubuntu
      • Bagaimana menginstall Aplikasi Windows seperti Microsoft Office didalam ubuntu
      • Bagaimana mempermak tampilan ubuntu Anda sehingga mirip Windows 7
      • Bagaimana membuat dekstop Anda kebanjiran atau kebakaran
      • Bagaimana mengeksploitasi tampilan dan visual efek pada ubuntu
      • Dan masih banyak bagaimana bagaimana Lainnya YANG TIDAK PERNAH ANDA BAYANGKAN SEBELUMNYA!
      Buku ini merupakan seri lanjutan dari buku yang berjudul “ubuntu : from zero...” yang juga bisa dibaca tanpa melalui buku pertama bila Anda telah memiliki dasar pengetahuan tentang Linux. Buku kedua ini akan menitik beratkan pembahasan tentang modifikasi tampilan, visual efek dan berbagai macam pernak-pernik lainnya yang akan membuat Anda semakin jatuh cinta pada ubuntu.

      Website Resmi : http://www.jasakom.com/

      Ubuntu : From Zero

      Judul Ubuntu : From Zero
      Penulis Eri Bowo
      ISBN 978-979-1090-40-7
      CD/DVD DVD
      eLearning Tidak
      Index Tidak
      Halaman 324
      Level Semua Level



      Linux itu susah, tidak menarik, tampilannya jelek, penuh dengan perintah yang harus diketik...bla..bla.. bla... Tunggu dulu, sudahkah Anda mengenal dan mencoba ubuntu ? Distro linux yang satu ini merupakan distro linux yang sangat terkenal diantara distro-distro lainnya, dipakai untuk urusan main-main sampai urusan yang sangat serius dan penting seperti web server, file server firewall dan lain sebagainya.

      Buku ini akan mengajak Anda untuk mengenal Ubuntu agar Anda bisa tidak sekedar mengenal ubuntu namun juga bisa menggunakan sistem operasi ini lebih maksimal dan menyenangkan. Pembahasan didalam buku ini dilakukan dengan cara yang santai dan bahasa yang ringan agar Anda tidak bosan dan lebih mudah untuk memahaminya.

      Belajar memang tidak harus selalu dengan serius dan konsentrasi tinggi. Didalam buku ini, Anda akan mempelajari :
      # Dasar-dasar ubuntu , dari istilah yang digunakan sampai pemahaman
      # Instalasi sistem operasi ubuntu, driver, fonts dan software
      # Merubah tampilan ubuntu sehingga tampak menarik dan menyenangkan
      # Management file, folder dan software
      # Baris perintah
      # Chatting dan multimedia
      # User Management
      # Tips dan trik
      # dan lain-lain...

      Website Resmi : http://www.jasakom.com/