Pages - Menu

Wednesday, June 29, 2011

Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2011

Buat kamu-kamu yang merasa kreatif, atau malah ingin menjadi orang kreatif, Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) adalah tempat yang paling cocok! Bayangin aja, selama satu minggu penuh, dari tanggal 6 – 10 Juli 2011, JCC yang supersize itu bakal dipenuhi orang-orang kreatif. Mulai dari yang nyiptain barang, jasa, sampai ide, bebas kamu eksplorasi di sini!
Nah, biar pengetahuan kamu nggak setengah-setengah, yuk kita tengok sekilas gimana sejarahnya PPKI, dilanjutkan dengan apa-apa saja yang masuk dalam kategori kreatif di PPKI 2011 ini.
Kembali ke masa awal kemerdekaan Republik tercinta, rakyat Indonesia adalah masyarakat agraris. Yup, semua orang bertani, berkebun, bercocok tanam, dan kegiatan-kegiatan serupa yang berbasis Sumber Daya Alam. Memasuki era industrialisasi di tahun 70-an, terjadi pergeseran dari yang berbasis SDA menjadi berbasis SDM. Wajar saja, pabrik-pabrik membutuhkan banyak tenaga kerja untuk menggerakkan “dapurnya”. Lanjut lagi ke tahun 90-an, gelombang teknologi dan informasi menerpa dunia, tak terkecuali Indonesia. Masyarakat mulai terbiasa “berkejaran” dengan kecepatan teknologi guna mendapatkan informasi terkini. Seperti prinsip bos News Corporation Rupert Murdoch, those who own the information rules the world, informasi yang up to date memegang peranan penting dalam keseharian masyarakat.
Tak berhenti sampai di situ, memasuki era milenium, ekonomi kreatif mulai menjadi tren. Howkins (2001) dalam bukunya “The Creative Economy” menemukan kehadiran gelombang ekonomi kreatif setelah menyadari pertama kali pada tahun 1996 ekspor karya hak cipta Amerika Serikat mempunyai nilai penjualan sebesar US$ 60,18 miliar yang jauh melampaui ekspor sektor lainnya seperti otomotif, pertanian, dan pesawat. Menurut Howkins, ekonomi baru telah muncul seputar industri kreatif yang dikendalikan oleh hukum kekayaan intelektual seperti paten, hak cipta, merek, royalti dan desain.
Oke, kembali ke laptop.. Maksudnya ke PPKI, Indonesia juga tak mau ketinggalan jaman. Melihat potensi yang ada di konstituennya, pemerintah pun menggagas sebuah kegiatan yang dianggap mampu mengakomodir karya-karya kreatif terbaik anak bangsa. Berawal dari Pekan Produk Budaya Indonesia (PPBI) pada tahun 2007 dan 2008, di tahun berikutnya kegiatan PPBI diubah menjadi Pekan Produk Kreatif Indonesia sebagai wujud dukungan Tahun Indonesia Kreatif. Didasari sebuah Instruksi Presiden No. 6 di tahun 2009 yang mengamanatkan pemerintah untuk mendukung kebijakan Pengembangan Ekonomi Kreatif, PPKI terus bergerak sampai tahun 2010 mengeksplorasi budaya nusantara yang dipadukan dengan unsur teknologi melalui keanekaragaman kreativitas pemuda. Hingga pada tahun 2011, PPKI mengambil tema “Indonesia Kreatif, Indonesia Mandiri” sebagai bentuk kampanye penumbuhkembangan jiwa kewirausahaan muda.
Oke, balik lagi ke pertanyaan awal, apa saja sih yang bisa dilihat di PPKI 2011? LOTS OF COOL STUFF! Ada pameran di bidang periklanan, arsitektur, desain, fashion, permainan interaktif, musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, animasi, software, radio dan televisi, atraksi pengobatan tradisional, serta riset dan pengembangan. Tak ketinggalan seminar dan workshop seputar bisnis yang menghadirkan para praktisi di industri kreatif. Khusus bagi kamu yang movie freak, dijamin betah nongkrongin Plenary Hall JCC yang dihuni 15 booth yang memamerkan segala seluk beluk dunia film. Di situ kamu bisa ngobrol-ngobrol dengan tim-tim kreatif Production House, latihan nge-shoot pakai kamera film, belajar sinematografi praktis, berdiskusi tentang proses praproduksi, produksi, hingga pasca produksi, nonton bareng film-film made in Indonesia yang pernah booming di bioskop, ikutan casting film, sampai meet and greet dengan artis ibukota yang pernah menyabet Piala Citra! Hebatnya lagi, semua ini bisa kamu dapatkan secara FREE alias GRATIS!

Sumber : PPKI 2011

String di PHP

Variabel string digunakan untuk nilai yang mengandung karakter string. Pada contoh berikut, skript PHP memberikan string "Hello World" pada variabel string bernama $txt :
<?php
$txt="Hello World";
echo $txt;
?>
Keluaran kode tersebut adalah : Hello World
Hanya ada satu operator string di PHP. Concatenation operator (.). digunakan untuk menggabungkan dua string. Contoh :
<?php
$txt1="Hello World";
$txt2="1234";
echo $txt1 . " " . $txt2;
?>
Keluaran kode tersebut adalah : Hello World 1234

Variabel PHP

Variabel digunakan untuk menyimpan suatu nilai, seperti text, angka atau array. Ketika sebuah variabel dibuat, variabel tersebut dapat dipakai berulang-ulang.
Pada PHP semua variabel harus dimulai dengan karakter '$'. Variabel PHP tidak perlu dideklarasikan dan ditetapkan jenis datanya sebelum kita menggunakan variabel tersebut. Hal itu berarti pula bahwa tipe data dari variabel dapat berubah sesuai dengan perubahan konteks yang dilakukan oleh user. Secara tipikal, variabel PHP cukup diinisialisasikan dengan memberikan nilai kepada variabel tersebut.
Contoh berikut akan mencetak "PHP" :
$text = "PHP";
print "$text";
Identifier dalam PHP adalah case-sensitive, sehingga $text dengan $Text merupakan variabel yang berbeda. Built-in function dan structure tidak case-sensitive, sehingga echo dengan ECHO akan mengerjakan perintah yang sama. Identifier dapat berupa sejumlah huruf, digit/angka, underscore, atau tanda dollar tetapi identifier tidak dapat dimulai dengan digit/angka.
Aturan Penamaan Variabel
  • Nama variabel harus diawali dengan sebuah huruf atau garis bawah  “_” (underscore).
  • Nama variabel hanya boleh mengandung karakter (a-Z, 0-9, dan _ ).
  • Nama variabel tidak boleh mengandung spasi.

Struktur Syntax PHP

Kode PHP disimpan sebagai plain text dalam format ASCII, sehingga kode PHP dapat ditulis hampir di semua editor text seperti windows notepad, windows wordpad, dll. Kode PHP adalah kode yang disertakan di sebuah halaman HTML dan kode tersebut dijalankan oleh server sebelum dikirim ke browser.
Contoh file PHP (contoh.php):
<html>
<?
Print ("Contoh text yang menggunakan kode PHP");
?>
</html>
Pada file .html, HTTP server hanya melewatkan content dari file menuju ke browser. Server tidak mencoba untuk mengerti atau memproses file, karena itu adalah tugas sebuah browser.
Pada file dengan ekstensi .php akan ditangani secara berbeda. Yang memiliki kode PHP akan diperiksa. Web server akan memulai bekerja apabila berada diluar lingkungan kode HTML. Oleh karena itu server akan melewati semua content yang berisi kode HTML, CSS, JavaScript, simple text di browser tanpa diinterpretasikan di server.
Blok scripting PHP selalu diawali dengan <?php dan diakhiri dengan ?>. Blok scripting PHP dapat ditempatkan dimana saja di dalam dokumen. Pada beberapa server yang mendukung, blok scripting PHP dapat diawali dengan <? dan diakhiri dengan ?>. Namun, untuk kompatibilitas maksimum, sebaiknya menggunakan bentuk yang standar (<?php ?>).
Setiap baris kode PHP harus diakhiri dengan semikolon (;). Semikolon ini merupakan separator yang digunakan untuk membedakan satu instruksi dengan instruksi lainnya.
PHP menggunakan // untuk membuat komentar baris tunggal atau /* dan */ untuk membuat suatu blok komentar.

Pengenalan PHP

PHP (PHP Hypertext Preprocessor) yang merupakan bahasa pemrograman berbasis web yang memiliki kemampuan untuk memproses data dinamis.
PHP dikatakan sebagai sebuah server-side embedded script language artinya sintaks-sintaks dan perintah yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan oleh server tetapi disertakan pada halaman HTML biasa. Aplikasi-aplikasi yang dibangun oleh PHP pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser, tetapi prosesnya secara keseluruhan dijalankan di server.
Pada prinsipnya server akan bekerja apabila ada permintaan dari client. Dalam hal ini client menggunakan kode-kode PHP untuk mengirimkan permintaan ke server (dapat dilihat pada gambar dibawah). Ketika menggunakan PHP sebagai server-side embedded script language maka server akan melakukan hal-hal sebagai berikut :
  • Membaca permintaan dari client/browser
  • Mencari halaman/page di server
  • Melakukan instruksi yang diberikan oleh PHP untuk melakukan modifikasi pada halaman/page.
  • Mengirim kembali halaman tersebut kepada client melalui internet atau intranet.
Keunggulan PHP
  • PHP dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda (Windows, Linux, Unix, etc.)
  • PHP merupakan web scripting open source.
  • PHP mudah dipelajari

Sunday, June 26, 2011

Mengupas Masalah Indonesia Vs Malaysia


Acara yang dadakan diadakan ini memang sering terjadi, pada kesempatan kali ini beberapa pengurus cs hadir dan berkumpul di salah satu basecamp di daerah serpong, dimana acara ini tidak seperti mana biasanya yang belajar bersama, pertemuan kali ini hanya membahas masalah masalah yang pernah menjadi gempar dunia maya dan dunia cyber khususnya di indonesia.


Perselisihan Indonesia Malaysia yang pernah mengguncang dunia sudah sering terjadi, namun anda belum tahu bukan apa masalah dan kejadian yang terjadi selama ini? Dansky salah satu pengurus cs satu tahun terakhir mendapatkan beasiswa di malaysia, lamanya disana tidak sia sia bagi kami, pasalnya kami sangat ingin tahu apa yang terjadi disana, karena kita tahu bahwa masalah yang terjadi hanya tahu dari media masa saja bukan? nah kali ini cs membongkar sedikit dari banyaknya masalah yang ada di malaysia.

Berikut kurang lebih pengakuan dansky tentang masalah indonesia dan malaysia :

1. Pencurian Budaya
Kita tahu bukan bahwa Reog Ponorogo adalah asli dari kota ponorogo dan berasal dari indonesia murni, mengapa bisa di akui oleh negara malaysia? sebenarnya di malaysia itu banyak orang selain negara malaysia, Orang jawa sangat banyak yang bekerja di negara malaysia tersebut, sehingga ketika ada suatu acara dari negara malaysia, dan masyarakat di suruh menampilkan pentas seni, maka perkumpulan orang jawa menampilkan seni dari indonesia yaitu reog, Pemerintah malaysia sangat senang dan bangga dengan karya itu, tidak sepengetahuan mereka bahwa itu seolah olah dari malaysia, sehingga mereka mencoba mengakui bahwa dari malaysia dan masyarakat asli belajar dan mempelajari, sehingga dengan mudah malaysia mengakui hakmilik dari malaysia.


Selain seni banyak lagi lainya, dan kejadian hampir sama dengan kejadian reog, sesuatu yang baru di negara malaysia maka dengan cepat malaysia berani untuk melegalisasi karya itu, jadi kesalahan bisa di bilang dari negara indonesia, mengapa tidak secepatnya melegalisasikan dan jadikan sebgai aset negara dengan baik, jangan sampai di curi lagi seperti mana kejadian yang sudah sudah.



2. Pertandingan Bola
Indonesia sangat geram terhadap negara malaysia ini, sehingga pada pertandingan sepak bola yang lalu seperti bukan pertandingan sepak bola jika kita lihat, namun adu gengsi dan adu emosi, tahukah anda bahwa ketika indonesia bertamu ke negara malaysia pada leg pertama supporter dari indonesia di lempari kursi plastik dari arah pendukung malaysia? bahkan ada yang sampai berdarah.

Ini adalah kejadian dan bukti yang di ambil dari banyaknya kejadian lainya yang belum bisa kami tulis, dimana dansky merasakan dan pernah mengalami kejadian tersebut di negara malaysia. dan sekarang alhamdulillah sudah kembali ke indonesia sehingga kami tahu apa isi di negara malaysia tersebut. Semoga info ini menjadi pengetahuan terhadap negara yang sering membuat naik darah penduduk indonesia.
 
 
 
 

Karim Al Khawarizmi : Ilmuwan Muslim

Nama sebenar al-Khawarizmi ialah Muhammad Ibn Musa al-khawarizmi. Selain itu beliau dikenali sebagai Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Yusoff.  Al-Khawarizmi telah dikanali di Barat sebagai al-Khawarizmi, al-Cowarizmi, al-Ahawizmi, al-Karismi, al-Goritmi, al-Gorismi dan beberapa cara ejaan lagi. Beliaulah yang menemukan Al Jabru wal Mukobala. (penjabaran dan penyelesaian). Di nama latinkan menjadi Aljabar.
Beliau telah dilahirkan di Bukhara.  Pada tahun 780-850M adalah zaman kegemilangan al-Khawarizmi.  al-Khawarizmi telah wafat antara tahun 220 dan 230M.  Ada yang mengatakan al-Khawarizmi hidup sekitar awal pertengahan abad ke-9M.  Sumber lain menegaskan beliau di Khawarism, Usbekistan pada tahun 194H/780M dan meninggal tahun 266H/850M di Baghdad. 

PENDIDIKAN 
Dalam pendidikan telah dibuktikan bahawa al-Khawarizmi ialah seorang tokoh Islam yang berpengetahuan luas.  Pengetahuan dan kemahiran beliau bukan sahaja meliputi bidang syariat tapidi dalam bidang falsafah, logik, aritmetik, geometri, muzik, kejuruteraan, sejarah Islam dan kimia. Al-Khawarizmi sebagai guru aljabar di Eropah.  Beliau telah menciptakan pemakaian Secans dan Tangens dalam penyelidikan trigonometri dan astronomi.  Dalam usia muda beliau bekerja di bawah pemerintahan Khalifah al-Ma’mun, bekerja di Bayt al-Hikmah di Baghdad. Beliau bekerja dalam sebuah observatory iaitu tempat menekuni belajar matematik dan  astronomi.  Al-Khawarizmi juga dipercayai memimpin perpustakaan khalifah.  Beliau pernah memperkenalkan angka-angka India dan cara-cara perhitungan
India pada dunia Islam.  Beliau juga merupakan seorang penulis Ensiklopedia Pelbagai Disiplin.
 
Al-Khawarizmi adalah seorang tokoh yang mula-mula memperkenalkan aljabar dan hisab.  Banyak lagi ilmu pengetahuan yang beliau pelajari dalam bidang matematik dan menghasilkan konsep-konsep matematik yang begitu popular sehingga digunakan pada zaman sekarang.
PERANAN DAN SUMBANGAN AL-KHAWARIZMI  Gelaran Al-KhawarizmiGelaran Al-Khawarizmi yang dikenali di Barat ialah al-Khawarizmi, al-Cowarizmi, al-karismi, al-Goritmi atau al-Gorism.  Nama al-gorism telah dikenali pada abad pertengahan.  Negara Perancis pula al-Gorism  muncul sebagai Augryam atau Angrism.  Negara Inggeris pula ia dikenali sebagai Aurym atau Augrim. Sumbangan Al-Khawarizmi Melalui KaryaSumbangan hasil karya beliau sendiri, antaranya ialah :
  1. Al-Jabr wa’l Muqabalah : beliau telah mencipta pemakaian secans dan tangens dalam penyelidikan trigonometri dan astronomi.
  2. Hisab al-Jabr wa al-Muqabalah : Beliau telah mengajukan contoh-contoh persoalan matematik dan telah mengemukakan 800 buah soalan yang sebahagian daripadanya merupakan persoalan yamng dikemukakan oleh Neo. Babylian dalam bentuk dugaan yang telah dibuktikan kebenarannya oleh al-Khawarizmi.
  3. Sistem Nombor : Beliau telah memperkenalkan konsep sifat dan ia penting dalam sistem nombor pada zaman sekarang.
Ini adalah contoh-contoh sebahagian beliau yang telah dihasilkan dalam penulisan karya dan ia telah menjadi popular serta dipelajari oleh semua masyarakat yang hidup di dunia ini.  Hasil Karya Al-Khawarizmi Sepertimana yang telah kita ketahui, Al-Khawarizmi dapat menghasilkan karya-karya agong dalam bidang matamatik.  Hasil karya tersebut terkenal pada zaman tamadun Islam dan dikenali di Barat.Antara hasil karya yang telah beliau hasilkan ialah :
  1. Sistem Nombor : ia telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin iaitu De Numero Indorum.
  2. ‘Mufatih al-Ulum’ : yang bermaksud beliau adalah pencinta ilmu dalam pelbagai bidang.
  3. Al-Jami wa al-Tafsir bi Hisab al-Hind : Karya ini telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Latin oleh Prince Boniopagri.
  4. Al-Mukhtasar Fi Hisab al-Jabr wa al-Muqabalah : Pada tahun 820M dan ia mengenai algebra.
  5. Al-Amal bi’ Usturlab’
  6. Al-Tarikh
  7. Al-Maqala Fi Hisab al-Jabr wa al-Muqabilah. 
Ketokohan al-Khawarizmi 
Setiap tokoh mempunyai sifat ketokohannya yang tersendiri.  Ketokohan al-Khawarizmi dapat dilihat dari dua sudut iaitu dari bidang matematik dan astronomi.  Namun bidang matematik akan diperjelaskan secara terperinci berbanding astronomi kerana ia melibatkan kajian yang dikaji. Dalam bidang matematik, al-Khawarizmi telah memperkenalkan aljabar dan hisab.  Beliau banyak menghasilkan karya-karya yang masyhor ketika zaman tamadun Islam.  Antara karya-karya yang  beliau hasilkan ialah ‘Mafatih al-Ulum’.  Sistem nombor adalah salah satu sumbangan dan telah digunakan pada zaman tamadun Islam. Banyak kaedah yang diperkenalkan dalam setiap karya yang dihasilkan.  Antaranya ialah kos, sin dan tan dalam trigonometri penyelesaian persamaan, teorem segitiga sama juga segitiga sama kaki dan mengira luas segitiga, segi empat selari dan bulatan dalam geometri.  Masaalah pecahan dan sifat nombor perdana dan teori nombor juga diperkenalkan.  Banyak lagi konsep dalam matematik yang telah diperkenalkan al-khawarizmi sendiri. 
Bidang astronomi juga membuatkan al-Khawarizmi dikenali pada zaman tamadun Islam.  Astronomi dapat ditakrifkan sebagai ilmu falaq [pengetahuan tentang bintang-bintang yang melibatkan kajian tentang kedudukan, pergerakan, dan pemikiran serta tafsiran yang berkaitan dengan bintang]. Seawal kurun ketiga lagi lagi, al-Khawarizmi telah menghasilkan dua buah yang salah satu daripadanyatelah diterjemahkan ke Bahasa Latin dan memberi pengaruh besar ke atas Muslim dan orangSpanyol dan Kristian. Penggunaan matematik dalam astronomi sebelum tamadun Islam amat sedikit dan terhad.  Ini disebabkan oleh kemunduran pengetahuan matematik yang terhad kepada pengguna aritmetik dan geometri sahaja. 
Peribadi al-Khawarizmi 
Keperibadian al-Khawarizmi telah diakui oleh orang Islam dan juga Barat.  Al-Khawarizmi telah dianggap sebagai sarjana matematik yang masyhur oleh orang Islam dan ia diperakui oleh orang Barat.  Ini dapat dibuktikan bahawa G.Sartonmengatakan “pencapaian-pencapaian yang tertinggi telah doperolehi oleh orang-orang Timur….”  Maka temasuklah al-Khawarizmi itu sendiri. Al-Khawarizmi patu disanjungi kerana beliau adalah seorang yang pintar. Menurut Wiedmann pula berkata….’ al-Khawarizmi mempunyai personaliti yang teguh dan seorang yang bergeliga sains’.  Setiap apa yang dinyatakan oleh penulis, ini telah terbukti bahawa al-Khawarizmi mempunyai sifat keperibadian yang tinggi dan sekaligus disanjung oleh orang Islam. 
Strategi Pengislaman Sains Matematik
Pengislaman sains matematik seharusnya berlandaskan dengan beberapa perkara iaitu, ia hendaklah berlandaskan tauhid, syariah dan akhlak.  Ini kerana ia perlu bagi tokoh-tokoh yanh beragama Islam supaya melaksanakan setiap pekerjaan atau tugasan yang mengikut undang-undang Islam. 
  1. Tauhid
Tauhid merupakan landasan falsafah matematik Islam sepertimana dengan ilmu-ilmu Islam yang lain.  Mengikut matlamat  Islam, semuanya Ayyatullah [tanda-tanda Allah iaitu symbol kebesaran, kewujudan dan keEsaan Tuhan.  Ungkapan yang wujud sewajarnya mencorakkan kegiatan matematik.  Setiap falsafah dan epistemology sains matematik kita tidak harus diterima bulat-bulat tanpa syarat. 
  1. Syariah
Berasaskan kepada undang-undang yang mengenali tindak tanduk masyarakat.  Keharmonian dan tanggungjawab kepada umat dan hak diri.  Dari sudut ini, ahli matematik Islam yang cuba menyelesaikan masaalah yang melibatkan perbuatan hukum syariah seperti judi, riba dan mencabar kebenaran hakiki daripada agama samawi untuk memperkukuhkan lagi Institusi.  Oleh itu, matematik Islam hendaklah berkembang selari dengan keperluan manusia dan perkembangan ini juga harus di dalam sudut syariah. 
  1. Akhlak
Ciri-ciri akhlak mulia hendaklah disemaikan kedalam matematik dan juga ia perlu dimasukkan kedalam ilmu-ilmu Islam yang lain agar manusia dapat menerapkan nilai murni.  Ilmu yang dipelajari contahnya akhlak yang terdapat dalam bidang matematik ini adalah penemuan aljabar yang melambangkan keadilan.  Ini kerana keadilan itu dituntut oleh agama Islam itu sendiri.  Melalui asas pradigma tauhid dan sya’iyah itu dapat memperkukuhkan lagi pembinaan akhlak. 
Cabang Matematika 
Antara cabang yang diperkanalkan oleh al-Khawarizmi seperti geometri, algebra, aritmetik dan lain-lain.  GeometriIa merupakan cabang kedua dalam matematik.  Isi kandungan yang diperbincangkan dalam cabang kedua ini ialah asal-usul geometri dan rujukan utamanya ialah Kitab al-Ustugusat[The Elements] hasil karya Euklid : geometri dari segi bahasa berasal daripada perkataan yunani iaitu ‘geo’ bererti bumi dan ‘metri’ bererti sukatan.  Dari segi ilmunya pula geometri itu adalah ilmu yang mengkaji hal yang berhubung dengan magnitud dan sifat-sifat ruang.  Geometri ini mula dipelajari sejak zaman firaun [2000SM].  Kemudian Thales Miletus memperkenalkan geometri Mesir kepada Grik sebagai satu sains dedukasi dalam kurun ke6SM.  Seterusnya sarjana Islam telah mengemaskanikan kaedah sains dedukasi ini terutamanya pada abad ke9M. Algebra/aljabarIa merupakan nadi untuk matematik algebra.  Al-Khawarizmi telah diterjemahkan oleh Gerhard of Gremano dan Robert of Chaster ke dalam bahasa Eropah pada abad ke-12.  sebelum munculnya karya yang berjudul ‘Hisab al-Jibra wa al Muqabalah yang ditulis oleh al-Khawarizmi pada tahun 820M.  Sebelum ini tak ada istilah aljabar.

Wednesday, June 22, 2011

Muslim Peletak Dasar Mesin Komputer

Komputer di masa sekarang sangatlah urgen. Seolah komputer adalah kebutuhan primer bagi para penulis. Komputer juga bisa menjadi sarana da’wah bil qalam. Kebanyakan orang yakin kalau penemu komputer adalah orang nonmuslim. Tapi sebenarnya peletak dasar prinsip mekanik komputer adalah orang Islam. Ngga percaya?
Ketika peradaban Islam menggenggam dunia, tepatnya di era kekhalifahan, para insinyur Muslim ternyata sudah menguasai teknologi komputer. Yang pasti, teknologi yang dikembangkan para ilmuwan muslim di zaman itu bukan komputer digital, melainkan komputer analog. Istilah komputer analog, menurut Wikipedia, digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog lawan (dual) dari level digital.
Komputer analog juga kerap didefinisikan sebagai komputer yang mengolah data berdasarkan sinyal yang bersifat kualitatif atau sinyal analog, untuk mengukur variabel-variabel, seperti voltase, kecepatan suara, resistansi udara, suhu, dan pengukuran gempa. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan, seperti untuk temperatur, radar, dan intensitas cahaya.
Sederet peralatan yang menggunakan prinsip komputer analog telah ditemukan para ilmuwan Islam. Alat-alat itu umumnya digunakan untuk beragam kegiatan ilmiah. Di zaman keemasannya, para astronom Muslim berhasil menemukan beragam jenis astrolabe. Peralatan astronomi itu digunakan untuk menjawab 1001 persoalan terkait astronomi, astrologi, horoskop, zodiak, navigasi, survei, penentuan waktu, arah kiblat, dan jadwal shalat.
Menurut D De S Price (1984) dalam bukunya A History of Calculating Machines, Al-Biruni merupakan ilmuwan pertama yang menemukan alat astrolabe mekanik pertama untuk menentukan kalender bulan-matahari. Astrolabe yang menggunakan roda gigi itu ditemukan Al-Biruni pada tahun 1000 M. Tak lama kemudian, Al-Biruni pun menemukan peralatan astronomi yang menggunakan prinsip komputer analog yang dikenal sebagai Planisphere sebuah astrolabe peta bintang.
Pada tahun 1015 M, komputer analog lainnya ditemukan ilmuwan Muslim di Spanyol Islam bernama Abu Ishaq Ibrahim Az- Zarqali. Arzachel, sebutan orang Barat untuk Az-Zarqali, berhasil menemukan Equatorium alat penghitung bintang. Peralatan komputer analog lainnya yang dikembangkan Az-Zarqali bernama Saphaea. Inilah astrolabe pertama universal latitude-independent. Astrolabe itu tak bergantung pada garis lintang pengamatnya dan bisa digunakan di manapun di seluruh dunia. Dua abad kemudian, insinyur Muslim terkemuka bernama Al-Jazari mampu menciptakan ‘jam istana’ (castle clock) sebuah jam astronomi. Jam yang ditemukan tahun 1206 M itu diyakini sebagai komputer analog pertama yang bisa diprogram. Jam astronomi buatan Al- Jazari itu mampu menampilkan zodiak, orbit matahari dan bulan serta bentuk-bentuk bulan sabit.
Tidak hanya ketiga ilmuwan di atas, peralatan komputer analog lainnya berbentuk astrolabe juga ditemukan oleh Abu Bakar Isfahan pada 1235 M, berupa komputer kalender mekanik. Ilmuwan Muslim lainnya bernama As-Sijzi juga tercatat berhasil menemukan peralatan astronomi yang menggunakan prinsip kerja komputer analog. Alatnya bernama Zuraqi sebuah astrolabe heliosentris. Ibnu Samh astronom terkemuka di abad ke-11 M juga tercatat sebagai salah seorang penemu peralatan komputer analog berupa astrolabe mekanik. Seabad kemudian, ilmuwan Muslim serba bisa legendaris bernama Sharaf Ad-Din At-Tusi menciptakan astrolabe linear.
Al-Jazari (1136 M-1206 M) sang Bapak Teknik Modern, ilmuwan muslim legendaris dari Kashan, Iran, yang berhasil menemukan sederet peralatan teknologi yang sangat monumental di zamannya. Selain dikenal di dunia teknik modern sebagai ‘perintis robot’, Al-Jazari pun tercatat sebagai sarjana pertama yang menciptakan komputer analog yang bisa diprogram.
Insinyur bernama lengkap Asy-Syaikh Ra`is Al-A’mal Badi’ Az-Zaman Abu Al-’Izz bin Isma’il bin Al-Razzaz Al-Jazari itu membuat komputer analog pertama yang bisa diprogram dalam bentuk Jam Istana. Sederet karya penting dalam bidang teknologi yang diciptakannya termuat dalam bukunya, Al-Jami’ Baina Al-’ilm wa Al-’Amal Al-Nafi’ fi Sina’at Al-Hiya (Ikhtisar dan Panduan Membuat Berbagai Mesin Mekanik).
Tercatat pula nama seorang Ilmuwan Muslim, Jamshid Al-Kashi yang sukses menciptakan Plate of Conjunctions sebuah alat hitung untuk menentukan waktu dan hari terjadinya konjungsi planet-planet. Selain itu, Al- Kashi pun juga menemukan komputer planet, The Plate of Zones. Yakni, sebuah komputer planet mekanik yang secara nyata mampu memecah kan sederet kerumitan planet. Selain itu, alat ini juga dapat memprediksi posisi garis bujur matahari dan bulan secara tepat. The Plate of Zones juga dapat menentukan orbit planet-planet, garis lintang matahari, bulan dan planet-planet, serta orbit matahari.
Al-Kashi tumbuh besar ketika Timur Lenk, penguasa Dinasti Timurid, menguasai tanah kelahirannya. Kemiskinan tak mampu mematahkan semangatnya untuk belajar. Matematika dan astronomi adalah dua bidang studi yang sangat menarik perhatian dan minatnya. Perekonomian di tanah kelahirannya mulai pulih ketika Dinasti Timurid dipimpin Shah Rukh. Sang pemimpin baru itu mendukung dan mendorong berkembangnya ekonomi, seni, dan ilmu pengetahuan.
Di kota kelahirannya, Al-Kashi dengan serius mempelajari dan mengkaji astronomi. Tepat 1 Maret 1407 M, dia berhasil merampungkan penulisan risalah astronomi berjudul, Sullam As-Sama. Tiga tahun setelahnya, ia kembali berhasil menyelesaikan penulisan buku Compendium of the Science of Astronomy.
Semua penemuan itu membuktikan bahwa peradaban Islam merajai teknologi di era kejayaannya. Padahal, pada masa itu masyarakat Barat berada dalam keterbelakangan dan kebodohan. Tak dapat dimungkiri lagi, jika sains dan teknologi merupakan kontribusi paling besar dan monumental yang disumbangkan peradaban Islam kepada dunia modern.
Pencapaian terpenting di pertengahan abad ke-15 M adalah terciptanya semangat eksperimental yang dikembangkan peradaban Muslim, ungkap Bapak Sejarah Sains, George Sarton, dalam bukunya, The Introduction to the History of Science. Oliver Joseph Lodge dalam The Pioneers of Science juga mengakui kehebatan peradaban Islam di masa keemasan. Menurut dia, peradaban Islam yang diwakili masyarakat Arab telah berhasil menghubungkan secara efektif antara sains modern dengan ilmu pengetahuan lama. Zaman kegelapan terjadi karena terjadinya jurang kesenjangan dalam sejarah sains Eropa. Menurut Lodge, sekitar seribu tahun tak ada aktivitas sains, kecuali di peradaban Islam.
Dalam The Reconstruction of Religious Thought in Islam, Muhammad Iqbal menyatakan, peradaban Islam yang berkembang di Arab berhasil mendorong berkembangnya sains dengan begitu pesat di saat Barat dikungkung kebodohan. Pada masa itu, umat Islam telah memperkenalkan metode eksperimental, observasi, dan pemikiran.
Orientalis asal Skotlandia, William Montgomery Watt pernah secara jujur mengatakan, bagaimana Barat sangat berhutang budi pada Islam, khususnya dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Montgomery yang menyandang gelar “Emiritus Professor,” gelar penghormatan tertinggi bagi seorang ilmuwan, sangat tekun melakukan penelitiannya tentang Islam. Khususnya sejarah perkembembangan pengetahuan di dunia Islam. Montgomery secara jujur mengakui, perkembangan ilmu pengetahuan yang kini berkembang pesat di Barat dan Eropa, sesungguhnya sebagian besar telah banyak ditemukan kaum Muslim sebelumnya
Dr. Fuat Sezgin, Pengarah dan Pengasas Institut Sejarah Sains Arab-Islam, Universiti Johann Wolfgang, Goethe, Frankfurt, Jerman, mengatakan bahwa kehebatan ilmuwan Islam ratusan abad silam adalah kehebatan yang tidak ternilai (karena saking hebatnya—pen). Pada abad kegemilangan Islam banyak orang-orang Eropa yang belajar untuk menuntut ilmu di berbagai cabang pengetahuan dari para pakar Islam. Tetapi setelah zaman kegelapan datang, banyak pula hasil-hasil ilmuwan tersebut yang juga diselewengkan dan kemudian disebarluaskan dengan informasi yang salah secara meluas.

Mengapa tubuh kita membutuhkan unsur logam?

tubuh-manusia-logamSaya mendengar bahwa tubuh kita membutuhkan sedikit unsur logam. Akan tetapi, tubuh kita terutama terdiri dari senyawa organik. Mengapa tubuh kita membutuhkan unsur logam?Bagaimana unsur logam bekerja dalam tubuh kita?
Jawaban:
Dr. Eiichiro Ochiai, seseorang yang sedang mempelajari kimia bioanorganik, bersedia menjawab pertanyaan di atas. Secara singkat, ia berbicara tentang istilah umum kebutuhan unsur logam dalam organisme dan menggambarkan kegunaan biologis unsur logam dengan salah satu unsur logam yang paling banyak digunakan, besi (Fe). Jadi cerita berikut ini diberi judul “Sebuah Kisah Tentang Besi” (© Eiichiro Ochiai).
Sebagai makhluk hidup, kita terdiri dari, secara kimiawi, kebanykan senyawa organik seperti protein, asam nukleat, karbohidrat, vitamin dan sejenisnya. Senyawa organik terdiri dari atom karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O) dan nitrogen (N). Sejumlah senyawa organik juga bisa mengandung sulfur (S) atau fosfor (P). Itu saja; tidak ada yang lain. Dapatkah kita hidup dengan baik hanya dengan senyawa organik? Kebanyakan orang-orang tahu bahwa jawabannya adalah tidak. Tulang dan gigi kita terbuat dari senyawa kalsium (Ca), yang tergolong “zat anorganik”. Darah mengandung besi (Fe), sebuah unsur anorganik. Semua orang tahu bahwa kita membutuhkan garam (natrium khlorida, NaCl) meski mereka tidak tahu mengapa. Bahkan, sekitar 30 unsur diketahui sangat dibutuhkan untuk menjalankan fungsi makhluk hidup yang layak. Seperti yang telah Anda ketahui, Hanya ada 100 unsur saja yang ada di alam ini, dan satu pertiga dari unsur tersebut sangat penting bagi makhluk hidup. Unsur yang penting di antaranya adalah (selain dari yang sudah disebutkan): magnesium (Mg), silikon (Si), kalium (K), mangan (Mn), kobal (Co), tembaga (Cu), seng (Zn), molibdenum (Mo), iod (I), selenium (Se), nikel (Ni), dan boron (B). Sebuah bidang penelitian baru kini sedang dikembangkan, yang mempelajari peranan unsur-unsur yang berbeda ini dan peranan senyawanya dalam sistem biologis; ilmu ini disebut “kimia bioanorganik”. Terlalu panjang lebar bila hal ini dibahas dalam forum kali ini; sebab itu, saya memilihkan unsur tertentu dan menggambarkan bidang ilmu yang disebut kimia bioanorganik. Bagian pertama “Pembentukan unsur Besi” bukanlah topik yang pas dari kimia bioanorganik, tapi ditambahkan di sini untuk memberitahu Anda tentang peranan besi yang sangat penting.
Saya yakin setiap orang tidak asing dengan logam besi. Mobil dan mesin sebagian besar terbuat dari besi. Besi adalah salah satu unsur yang tersedia sangat melimpah di alam dan logam yang paling menarik, sebagai satu dari unsur krusial untuk makhluk hidup. Berikut adalah kisah mengenai besi.

Prof.Abdus Salam - Fisikawan Pertama Peraih Nobel


Abdus Salam
“Dunia merugi karena Abdus Salam hanya dapat hidup sekali.” Kalimat ini ditulis 20 tahun silam, oleh Newa Scientist (edisi 26 Agustus 1976), tiga tahun sebelum Salam memperoleh Nobel. New Scientist adalah majalah bereputasi tinggi yang diabadikan bagi sains dan teknologi, dan pengaruhnya bagi dunia dan kehidupan umat manusia. Demikian tulis Harian Kompas, Jumat 29 November 1996 dibawah judul : PROF ABDUS SALAM, HARGA DIRI SEORANG MUSLIM.
Yang membuat pernyataan itu keluar, adalah rasa hormat sekaligus keprihatinan pada Abdus Salam yang mesti pontang-panting bergerak dari satu dunia ke dunia lain yang sama-sama dicintainya. Abdus Salam adalah manusia yang hidup di tiga dunia: dunia fisika teori, dunia Islam, dan dunia kerja-sama internasional. Andai Abdus Salam dapat hidup beberapa kali, dan mengabdikan hidup-hidupnya itu secara total tanpa interupsi masing-masing pada fisika teori, Islam, dan kerja-sama internasional, seluruh dunia jelas akan mendapatkan keuntungan besar.
Sementara Harian REPUBLIKA edisi Minggu 24 November 1996 menulis dibawah judul: ABDUS SALAM, SATU DUTA, TIGA DUNIA
Dalam usia sangat muda (22 tahun) Salam meraih doktor fisika teori dengan predikat summa cumlaude di University of Cambridge, sekaligus meraih Profesor fisika di Universitas Punjab, Lahore. Khusus untuk pelajaran matematika ia bahkan meraih nilai rata-rata 10 di St.John’s College, Cambridge.
Salam adalah satu dari empat muslim yang pernah meraih Hadiah Nobel. Tiga lainnya adalah Presiden Mesir Anwar Sadat (Nobel Perdamaian 1978), Naguib Mahfoud (Nobel Sastra 1988), Presiden Palestina Yasser Arafat (bersama dua rekannya dari Israel, Nobel Perdamaian 1995).

Kiri, Abdus Salam bersama Pope II, kanan, Abdus Salam bersama Ratu Swedia
Penerima gelar Doktor Sains Honoris Causa dari 39 universitas/lembaga ilmiah dari seluruh dunia ini, yang sekali waktu pernah menyebut dirinya sebagai penerus ilmuwan muslim seribu tahun yang silam, telah menyatakan dengan tegas: harga diri suatu umat kini tergantung pada penciptaan prestasi ilmiah dan teknologis.
Harga diri itu, seperti yang telah dibuktikan oleh Salam sendiri bukan saja dapat mengangkat suatu masyarakat sejajar dengan masyarakat lain. Gerakan dan keikutsertaan mencipta sains teknologi akan memberikan kontribusi pada peningkatan harkat seluruh umat manusia, tanpa melihat agama dan asal-usul kebangsaannya. Itulah rahmatan lil alaamin.
Abdus Salam adalah fisikawan muslim yang paling menonjol abad ini. Dia termasuk orang pertama yang mengubah pandangan parsialisme para fisikawan dalam melihat kelima gaya dasar yang berperan di alam ini. Yaitu, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, gaya kuat yang menahan proton dan neutron tetap berdekatan dalam inti, serta gaya lemah yang antara lain bertanggung jawab terhadap lambatnya reaksi peluruhan inti radioaktif. Selama berabad-abad kelima gaya itu dipahami secara terpisah menurut kerangka dalil dan postulatnya yang berbeda-beda.

Adanya kesatuan dalam interaksi gaya-gaya dirumuskan oleh trio Abdus Salam-Sheldon Lee Glashow-Steven Weinberg dalam teori “Unifying the Forces”. Menurut teori yang diumumkan 1967 itu, arus lemah dalam inti atom diageni oleh tiga partikel yang masing-masing memancarkan arus atau gaya kuat. Dua belas tahun kemudian hukum itulah yang melahirkan Nobel Fisika 1979.
Eksistensi tiga partikel itu telah dibuktikan secara eksperimen tahun 1983 oleh tim riset yang dipimpin Carlo Rubia direktur CERN (Cetre Europeen de Recherche Nucleaire) di Jenewa, Swiss. Ternyata, rintisan Salam itu kemudian mengilhami para fisikawan lain ketika mengembangkan teori-teori kosmologi mutakhir seperti Grand Theory (GT) yang dicanangkan ilmuwan AS dan Theory of Everything-nya Stephen Hawking.
Melalui dua teori itulah, para fisikawan dan kosmolog dunia kini berambisi untuk menjelaskan rahasia penciptaan alam semesta dalam satu teori tunggal yang utuh.
Karena kecerdasannya yang luar biasa, Salam pernah dipanggil pulang oleh Pemerintah Pakistan. Selama sebelas tahun sejak 1963 dia menjadi penasihat Presiden Pakistan Ayub Khan khusus untuk menangani pengembangan iptek di negaranya. Ia mengundurkan diri dari posisinya di pemerintah ketika Zulfiqar Ali Bhutto naik menjadi PM Pakistan. Profesor Salaam tak bisa menerima perlakuan Ali Bhutto yang mengeluarkan Undang-Undang minoritas non Muslim terhadap Jemaat Ahmadiyah- komunitas Islam tempat dirinya lahir dan dibesarkan.

Kiri, perangko bergambar Abdus Salam yang diterbitkan oleh Pakistan, kanan, Medali Abdus Salam yang diberikan kepada Ilmuwan yang berjasa bagi dunia ketiga.
Tak ada dendam yang sanggup melahirkan perasaan Permusuhan Salam pada Negerinya Pakistan. Ia memilih pergi dengan damai untuk menyebarkan Ilmu Pengetahuan bagi Dunia dan seluruh Umat Manusia. Itu dibuktikannya dengan sebagian besar usianya dihabiskan sebagai guru besar fisika di Imperial College of Science and Technology, London, dari 1957-1993. Sejak 1964 ia menjadi peneliti senior di International Centre for Theoretical Physics (ICTP) di Trieste, Italia, sekaligus menjadi direkturnya selama 30 tahun.
Hingga akhir hayatnya, putra terbaik Pakistan itu mendapat tak kurang dari 39 gelar doktor honoris causa. Antara lain dari Universitas Edinburgh (1971), Universitas Trieste (1979), Universitas Islamabad (1979), dan universitas bergengsi di Peru, India, Polandia, Yordania, Venezuela, Turki, Filipina, Cina, Swedia, Belgia dan Rusia. Ia juga menjadi anggota dan anggota kehormatan Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional 35 negara di Asia, Afrika, Eropa dan Amerika.
Lahir 29 Januari 1926 di Jhang, Lahore, Pakistan, Abdus Salam tergolong duta Islam yang baik. Sebagai contoh, dalam pidato penganugerahan Nobel Fisika di Karolinska Institute, Swedia, Abdus Salam mengawalinya dengan ucapan basmalah. Di situ ia mengaku bahwa riset itu didasari oleh keyakinan terhadap kalimah tauhid. “Saya berharap Unifying the Forces dapat memberi landasan ilmiah terhadap keyakinan adanya Tuhan Yang Maha Esa,” kata penulis 250 makalah ilmiah fisika partikel itu.

“Saya muslim karena saya percaya dengan pesan spiritual Alquran. Alquran banyak membantu saya dalam memahami Hukum Alam, dengan contoh-contoh fenomena kosmologi, biologi dan kedokteran sebagai tanda bagi seluruh manusia,” kata Abdus Salam dalam satu sidang UNESCO di Paris, 1984.
Dengan makalah The Holy Quran and Science, saat itu ia banyak mengutip ayat. Antara lain Alquran 88:17 dan Alquran 3:189-190 yang antara lain mengisahkan soal penciptaan langit, bumi dan seisinya.
Menjadi anggota kehormatan dari Akademi Ilmu Pengetahuan AS dan Rusia, ternyata tidak menghambatnya untuk berkiprah di sejumlah negara berkembang. Itu juga dilakukannya ketika ia bertugas di Komite Sains PBB dan 35 organisasi profesi ilmiah.
Maka, tak aneh, bila mantan Vice Presiden dari International Union of Pure and Applied Phyusics (IUPAP) (1972-78) itu pun meraih tujuh penghargaan atas kontribusinya dalam mempromosikan perdamaian dan kerjasama iptek internasional. Antara lain Atoms for Peace Medal and Award dari Atoms for Peace Foundation (1968), First Edinburgh Medal and Prize dari Skotlandia (1988), “Genoa” International Development of Peoples Prize dari Italia (1988) dan Catalunya International Prize dari Spanyol (1990).
Prof.Abdus Salam, wafat Kamis 21 Nov 1996 di Oxford, Inggris, dalam usia 70 tahun dan meninggalkan seorang istri serta enam anak (dua laki-laki dan empat perempuan).

Susana saat pemakaman Abdus Salam di Rabwah tahun 1996
Salam sudah berangkat menuju Yang Maha Esa di usia 70 tahun. Ia dimakamkan di tanah air yang teramat sangat dicintainya,dikota Rabwah- Pakistan. Kita yang ditinggalkannya kini hanya dapat bertanya, benarkah kita juga punya rasa harga diri religius, seperti rasa harga diri yang menggerakkan tokoh yang teramat dihormati oleh komunitas sains internasional ini? Yang pasti, penerima gelar Doktor Sains Honoris Causa dari 39 universitas/lembaga ilmiah dari seluruh dunia ini, yang sekali waktu pernah menyebut dirinya sebagai penerus ilmuwan muslim seribu tahun yang silam, telah menyatakan dengan tegas: harga diri suatu umat kini tergantung pada penciptaan prestasi ilmiah dan teknologis.
(Sunting edit oleh: kukuh dari berbagai sumber,170607/14.52)
Catatan tambahan :
Abdus Salam Awards, Approximants, Education and other
Personal arcive
**Educational Career**
1. Govt. College, Jhang and Lahore, Pakistan (1938-1946)
2. M.A (Punjab University) First place in every examination at the Punjab University
3. Foundation Scholar, St. John’s College, Cambridge (1946-1949)
4. B.A Honors Double first in Mathematics (Wrangler) and Physics.
5. Cavendish Laboratory
6. Ph. D in Theoretical Physics Cambridge (1952)
7.Awarded Smith’s Prize by the University of Cambridge for the most outstanding pre-doctoral contribution to physics (1950)
**Appointments**
1. Professor, Government College, Lahore (1951-1954)
2. Head of the Mathematics Department of Punjab University, Lahore (1951-54)
3. Lecturer, Cambridge University (Cambridge) (1954-1956)
4. Prof. of Theoretical Physics, London University.
5. Prof. of Theoretical Physics Imperial College (London) (1957)
6. Founder and Director, International Centre for Theoretical Physics (Trieste) (1964-1993)
7. Elected Fellow, St. John’s College (Cambridge) (1951-56)
8. Member, Institute of Advanced Study (Princeton) (1951)
9. Elected, Honorary Life Fellow, St. John’s College (Cambridge)
**United Nations Assignments**
1. Scientific Secretary, Geneva Conferences on Peaceful Uses of Atomic Energy (1955 and 1958)
2. Elected Member of the Board of Governors, TAEA, Vienna (1962-63)
3. Member, United Nations Advisory Committee on Science and Technology (1964-75)
4. Elected Chairman, United Nations Advisory Committee on Science and Technology (1971-1972)
5. Member, United Nations Panel and Foundation Committee for the United Nations University (1970-73)
6. Member, United Nations University Advisory Committee (1981-83)
7. Member Council, University of Peace (Costa Rica) (1981-86)
8. Elected Chairman, UNSECO Advisory Panel on Science, Technology and Society (1981)
**Other Assignments**
1. Member, Scientific Council, SIPRI (Stockholm International Peace Research Institute) (1970)
2. Elected Vice President, International Union of Pure and Applied Physics (IUPAP) (1972-78)
3. Elected First President of the Third World Academy of Sciences (1983)
4. Member of the CERN Scientific Policy Committee (1983-86)
5. Member of the Board of Directors of the Beijir Institute of the Royal Swedish Academy of Sciences (1986)
6. Member of the South Commission (1987- )
7. Elected 1st President of Third World Network of Scientific Organizations (1988)
**Awards for contribution to physics**
1. Hopkins Prize (Cambridge University) for the most outstanding contribution to physics during 1957-58 (1958)
2. Adams Prize (Cambridge University) (1958)
3. First recipient of Maxwell Medal and Award (Physical Society, London) (1961)
4. Hughes Medal (Royal Society, London) (1964)
5. J. Robert Oppenheimer Memorial Medal and Prize (University of Miami) (1971)
6. Guthrie Medal and Prize (Institute of Physics London) (1976)
7. Sir Devaprasad Sarvadhikary Gold Medal (Calcutta University) (1977)
8. Metteuci Medal (Accademia Nazionale di XL, Rome) (1978)
9. John Torrence Tate Medal (American Institute of Physics) (1978)
10. Royal Medal (Royal Society, London) (1978)
11. NOBEL PRIZE for Physics (Nobel Foundation) (1979)
12. Einstein Medal (UNESCO, Paris) (1979)
13. Shri R. D. Birla Award (Indian Physics Association) (1979)
14. Josef Stefan Medal (Josef Stefan Institute, Ljubljana) (1980)
15. Gold Medal for outstanding contribution to physics (Czechoslovak Academy of Sciences, Prague) (1981)
16. Lomonosov Gold Medal USSR (USSR Academy of Sciences) (1983)
17. Copley Medal, Royal Society London (1990)
**Awards for contributions towards peace and promotion of international scientific collaboration**
1. Atoms for Peace Medal and Award (Atoms for Peace Foundation) (1968)
2. Peace Medal (Charles University, Prague) (1981)
3. Premio Umberto Biancamano (Italy) (1986)
4. Dayemi International Peace Award (Bangladesh) (1986)
5. First Edinburgh Medal and Prize (Scotland) (1988)
6. “Genoa” International Development of Peoples Prize (Italy) (1988)
7. Catalunya International Prize (Spain) (1990)
**Academies and Societies**
1. Elected, Fellow, Pakistan Academy of Sciences (Islamabad) (1954)
2. Elected, Fellow of the Royal Society, London (1959)
3. Elected, Fellow, Royal Swedish Academy of Sciences (Stockholm) (1970)
4. Elected, Foreign Member of the American Academy of Arts and Sciences (Boston) (1971)
5. Elected, Foreign Member, USSR Academy of Sciences (Moscow) (1971)
6. Elected, Foreign Associate, USA National Academy of Sciences (Washington) (1979)
7. Elected, Foreign Member, Accademia Nazionale dei Lincei (Rome) (1979)
8. Elected, Foreign Member, Accademia Tiberina (Rome) (1979)
9. Elected, Foreign Member, Iraqi Academy (Baghdad) (1979)
10. Elected, Honorary Fellow, Tata Institute of Fundamental Research (Bombay) (1979)
11. Elected, Honorary Member, Korean Physics Society (Seoul) (1979)
12. Elected, Foreign Member, Academy of the Kingdom of Morocco (Rabat) (1980)
13. Elected, Foreign Member, Accademia Nazionale delle Scienze (dei XL) (Rome) (1980)
14. Elected, Member, European Academy of Sciences, Arts and Humanities (Paris) (1980)
15. Elected, Associate Member, Josef Stefan Institute (Ljublijana) (1980)
16. Elected, Foreign Fellow, Indian National Sciences Academy (New Delhi) (1980)
17. Elected, Fellow, Bangladesh Academy of Sciences (Dhaka) (1980)
18. Elected, Member, Pontifical Academy of Sciences (Vatican City) (1981)
19. Elected, Corresponding Member, Portuguese Academy of Sciences (Lisbon) (1981)
20. Founding Member, Third World Academy of Sciences Trieste (1983)
21. Elected, Corresponding Member, Yugoslav Academy of Sciences and Arts (Zagreb) (1983)
22. Elected, Honorary Fellow, Ghana Academy of Arts and Sciences (1984)
23. Elected, Honorary Member, Polish Academy of Sciences (1985)
24. Elected, Corresponding Member, Academia de Ciencias Medicas, Fisicas y Naturales de Guatemala (1986)
25. Elected, Honorary Life Fellow, London Physical Society (1986)
26. Elected, Fellow, World Academy of Art and Science (Stockholm) (1986)
27. Elected, Corresponding Member, Academia de Ciencias Fisicas, Mathematicas y Naturales de Venezuela (1987)
28. Elected, Fellow, Pakistan Academy of Medical Sciences (1987)
29. Elected, Honorary Fellow, Indian Academy of Sciences, Bangalore (1988)
30. Elected, Distinguished International Fellow of Sigma Xi (1988)
31. Elected, Honorary Member, Brazilian Mathematical Society (1989)
32. Elected, Honorary Member, National Academy of Exact, Physical and Natural Sciences, Argentina (1989)
33. Elected, Honorary Member, Hungarian Academy of Sciences (1990)
34. Elected, Member, Academia Eureopaea (1990)
**Orders**
1. Order of NISHAN-E-IMTIAZ (Pakistan) (1979)
2. Order of Andres Bello (Venezuela) (1980)
3. Order of Istiqlal (Jordan) (1980)
4. Cavaliere de Gran Croce dell’Ordine al Merito della Repubblica Italiana (1980)
5. Honorary Knight Commander of the Order of the British Empire (1989)
**D.Sc. HONORIS CAUSE**
1. Punjab University, Lahore, Pakistan (1957)
2. University of Edinburgh, Edinburgh, UK (1971)
3. University of Trieste, Trieste, Italy (1979)
4. University of Islamabad, Islamabad, Pakistan (1979)
5. Universidad Nacional de Ingenieria, Lima, Peru (1980)
6. University of San Marcos, Lima, Peru (1980)
7. National University of San Antonio Abad, Cuzco, Peru (1980)
8. Universidad Simon Bolivar, Caracas, Venezuela (1980)
9. University of Wroclaw, Wroclaw, Poland (1980)
10. Yarmulke University, Yarmulke, Jordan (1980)
11. University of Istanbul, Istanbul, Turkey (1980)
12. Guru Nanak Dev University, Amritsar, India (1981)
13. Muslim University, Aligarh, India (1981)
14. Hindu University, Banaras, India (1981)
15. University of Chittagong, Bangladesh (1981)
16. University of Bristol, Bristol, UK (1981)
17. University of Maiduguri, Maiduguri, Nigeria (1981)
18. University of Philippines, Quezon City, Philippines (1982)
19. University of Khartoum, Khartoum, Sudan (1983)
20. Universidad Complutense de Madrid, Spain (1983)
21. The City College, The City University of New York, USA (1984)
22. University of Nairobi, Nairobi, Kenya (1984)
23. Universidad Nacional de Cuyo, Cuyo, Argentina (1985)
24. Universidad Nacional de la Plata, La Plata, Argentina (1985)
25. University of Cambridge, Cambridge, UK (1985)
26. University of Goteborg, Goteborg, Sweden (1985)
27. Kliment Ohridski University of Sofia, Sofia, Bulgaria (1986)
28. University of Glasgow, Glasgow, Scotland (1986)
29. University of Science and Technology, Heifei, China (1986)
30. The City University, London, UK (1986)
31. Punjab University, Chandigarh, India (1987)
32. Medicina Alternativa, Colombo, Sri Lanka (1987)
33. National University of Benin, Contonou, Benin (1987)
34. University of Exetes, UK (1987)
35. University of Gent, Belgium (1988)
36. “Creation” International Association of scientists and Intelligentsia, USSR (1989)
37. Bendel State University, Ekpoma, Nigeria (1990)
38. University of Ghana (1990)
39. University of Tucuman, Argentina (1991)
**Pakistan Assignments**
1. Member, Atomic Energy Commission, Pakistan (1958-74)
2. Elected President, Pakistan Association for Advancement of Sciences (1961-1962)
3. Adviser, Education Commission Pakistan (1959)
4. Member Scientific Commission Pakistan (1959)
5. Chief Scientific Adviser to President of Pakistan (1961-74)
6. Founder Chairman, Pakistan Space and Upper Atmosphere Committee (1961-64)
7. Governor from Pakistan to the International Atomic Energy Agency (1962-63)
8. Member National Science Council, Pakistan (1963-75)
9. Member, Board of Pakistan Science Foundation (1973-77)
**Pakistani Awards**
1. Sitara-e-Pakistan (1959)
2. Pride of Performance Medal and Award (1959)
3. The Order of Nishan-e-Imtiaz (the highest civilian award) (1979)
**As “Servant of Peace”**
1. Member, Scientific Council, SIPRI (Stockholm International Peace Research Institute) (1970)
2. Awarded the Atoms for Peace Medal and Award (Atoms for peace foundation) (1968)
3. Peace Medal (Charles University, Prague) (1981)
4. Premio Umberto Biancamano, Italy (1968)
5. Dayemi International Peace Award (Bangladesh) (1986)
6. Member, Council, University for Peace, Costa Rica (1981-86)
**Published Papers**
Around 250 scientific papers on physics of elementary particles. Papers on scientific and educational policies for developing countries and Pakistan.
**Scientific Contributions**
Research in the physics of elementary particles, particular contributions:
1. Two-component neutrino theory and the prediction of the inevitable parity violation in weak interaction;
2. Gauge unification of weak and electromagnetic interactions - the unified force is called the “Electroweak” force - a name given to it by Salam; predicted existence of weak neutral currents and W,Z. particles before their experimental discovery;
3. Symmetry properties of elementary particles; unitary symmetry;
4. Renormalization of meson theories;
5. Gravity theory and its role in particle physics; two tensor theory of gravity and strong interaction physics;
6. Unification of electroweak with strong nuclear forces, grand (elec- tro-nuclear) unification; and
7. related prediction of proton-decay;
8. Super symmetry theory, in particular formulation of super space and formalism of super fields.

Sumber : http://persatuan.web.id/

NgeBlog Yuk!!!

Ngeblog mungkin bukan hal yang asing bagi para pengguna internet.Hampir semua pengguna internet mengenal blog.Mungkin sebagian besar orang mengenal beberapa layanan penyedia blog seperti Blogspot,Wordpress,Multiply,Blogsome dan masih banyak lagi penyedia layanan blog gratis.Dengan NgeBlog kita bisa mencurahkan pengetahuan kita tentang sesuatu hal,curhat dengan pengunjung blog kita,bisnis,kritik sosial dan masih banyak lagi deh pastinya, tergantung kreativitas kita.

Wednesday, June 15, 2011

Menkominfo Meresmikan Telkom-ITB SME Creative Center

Bandung, 14 Juni 2011 – Guna mendukung dan mengembangkan bisnis UKM di Jawa Barat, Menteri Komunikasi & Informasi Republik Indonesia, Tifatul Sembiring meresmikan Small Medium Enterprise (SME) Creative Center di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Selasa 14 Juni 2011. SME Creative Center merupakan pusat pelayanan pelanggan yang diselenggarakan oleh Telkom Divisi Business Service sebagai Delivery Channel yang menangani UKM/SME serta Community Development Center (CDC) yang menjalankan peran Program Kemitraan dan Bina Lingkungan sebagai Corporate Social Responsibility Telkom.

Menurut Direktur Enterprise & Wholesale Telkom, Arief Yahya, pendirian Telkom-ITB SME Creative Center dimaksudkan untuk melayani pelanggan bisnis/UKM terhadap pemenuhan kebutuhan jasa layanan TELKOMGroup melalui berbagai aktivitas program pembinaan dan pengembangan UKM secara terpadu serta meningkatkan kompetensi, daya saing dan permberdayaan UKM melalui penyediaan solusi ICT sebagai business enabler, serta menyediakan fasilitas pembinaan UKM yang meliputi pelatihan, dukungan solusi dalam bidang bisnis, marketing, financial dan desain.

Pendirian Telkom-ITB SME Creative Center merupakan tindak lanjut Nota Kesepahaman pengembangan UKM antara Telkom dan ITB pada 1 April 2010 yang diwujudkan dengan pengalihfungsian Plasa Telkom di Gedung A ITB Jalan Ganesha Bandung. Telkom-ITB SME Creative Center tersebut diharapkan menjadi sarana pembinaan UKM dengan kekhasan pada pengembangan inovasi desain kreatif berbasis IT.

Telkom-ITB SME Creative Center memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai communication center, community center dan commerce center. Berfungsi sebagai communication center karena dalam SME Creative Center terdapat berbagai fasilitas perkantoran yang modern antara lain fungsi virtual office meliputi, telephone, fax, internet acces, webcam conference, dan sms broadcast. Yang dimaksud dengan virtual office di sini adalah representative matriks dari sebuah kantor perusahaan yang memiliki alamat virtual office di SME Creative Center meliputi; alamat telepon, alamat surat, meeting room, webcam, dan conference.

Selanjutnya sebagai community center, SME Creative Center dapat dijadikan media dan sarana bertemu komunitas UKM untuk saling bertukar pikiran maupun transfer knowledge sesama UKM, dinas koperasi maupun dari Telkom. Telkom sendiri akan memfasilitasi training tentang bagaimana bertransaksi secara online atau E-Commerce. SME Creative Center juga menyediakan layanan Information Center, Showroom Center, Consultative Center, Training Center, dan lain-lain.

Selain communication dan community juga terdapat fungsi Commerce Center. Fungsi commerce ini lebih ditonjolkan kepada layanan solusi e-commerce yang bersifat online system maupun aplikasi yang pendukung e-commerce yang terdiri atas; e-commerce yaitu plasa.com, business support ERP (Enterprise Resource Planning), layanan aplikasi perbankan dan Koperasi BPR Satu, Studio Photo produk UKM serta Trading House.

Arief Yahya mengharapkan keberadaan SME Center ini, dapat menggairahkan bisnis UKM di Jawa Barat agar berkembang dan tumbuh menjadi UKM-UKM yang berdaya saing bisnis di pasar global dengan mengimplementasikan solusi teknologi informasi sebagai business enabler. Selain Jakarta, Surabaya dan Bandung, Telkom segera membuka SME Centre di kota-kota lain.

Pemerintah Jawa Barat Akan Memanfaatkan G-Cloud
Pada ajang e-Indonesia Initiatives (e-II) Forum VII 2011 “Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Indonesia” di Kampus ITB, 14 -15 Juni 2011. Telkom memperkenalkan layanan G-Cloud yakni aplikasi yang dirancang Telkom untuk membantu efektivitas pemerintahan.

Konferensi e-II Forum VII 2011 mengambil tema “Membangun Ekosistem Broadband dan Merancang Komputasi Awan Indonesia”. Konferensi dimaksudkan mengenali hasil penelitian, pengembangan produk/layanan dan pengembangan kebijakan terkait dengan TIK khususnya pita lebar dan layanan komputasi awan untuk menyongsong era baru e-Indonesia, yang meliputi Next Generation Infrastructure, Next Generation (Content, e-Government, Public Service), dan lain sebagainya.

Direktur Enterprise & Wholesale Telkom, Arief Yahya, menjelaskan G-Cloud merupakan sebuah layanan Information Communication Technology (ICT) yang bersifat complete, affordable dan simple yang menyediakan media untuk mengkolaborasikan melalui TelkomCollaboration antara modul aplikasi e-Government dan Portal Pemerintahan dalam model komputasi awan (Cloud Computing). “G-Cloud merupakan konektivitas jaringan yang diperlukan pemerintah, dengan menempatkan tanggung jawab penyediaan infrastruktur dan manajemen teknologi informasi kepada Telkom,” ujarnya.

Secara umum benefit layanan G-Cloud bagi pemerintahan adalah tidak membutuhkan investasi, tetapi penggunaan TIK dikompensasi dalam biaya rutin, menghemat biaya (tidak membutuhkan unit pengelolaan khusus), tidak membutuhkan pembayaran lisensi terhadap software yang dipergunakan, menggunakan hardware, software sesuai dengan kebutuhan, mempercepat proses peningkatan kapasitas sistem, mengintegrasikan aplikasi-aplikasi e-Government, email, instant messaging, dan share dokumen ke dalam satu portal serta memperluas jangkauan konektivitas pemerintahan.

Dijelaskan Arief Yahya, sektor pemerintahan memang menjadi perhatian Telkom. Hal ini sejalan Inpres No. 3/2003 tentang ”Kebijakan dan Strategi Nasional tentang Pengembangan e-Government”. Pemerintah memberikan payung kebijakan diterapkannya e-Government untuk menunjang aktifitas pemerintahan baik di level pusat, provinsi maupun kota dan kabupaten.

Target layanan G-Cloud meliputi 87 kota, 348 kabupaten, 5.224 kecamatan dan 6.890 kelurahan di Indonesia. ”Selain merupakan peluang yang besar bagi Telkom untuk memberikan layanan cloud computing kepada pemerintah, G-Cloud merupakan sumbangsih Telkom untuk membantu meningkatkan efektivitas pemerintahan,” demikian Arief Yahya.

Segmentasi pasar penggunaan layanan G-Cloud ini adalah kantor-kantor pemerintahan, seperti pemerintahan kota, baik kota metropolitan maupun non-metropolitan, pemerintahan kabupaten, baik kabupaten besar maupun kecil, pemerintahan propinsi, serta kantor-kantor pemerintahan secara umum. 

Sunday, June 5, 2011

TEKNIK OVERCLOCKING UNTUK PEMULA

Penerbit      :  Elex Media Komputindo
Pengarang  : 
Halaman      :  176 hal.
ISBN              :  9789792769876


Overclock? Apa itu? Mungkin bagi sebagian orang istilah tersebut akan terdengar asing di telinga, tetapi tidak untuk para hobiis komputer dan juga para overclocker. Overclock adalah istilah yang mengacu pada cara untuk membuat suatu perangkat komputer agar berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan pabrik pembuatnya. Dengan overclock, maka PC yang memiliki spesifikasi biasa bisa berjalan dengan optimal, bahkan bisa bersaing dengan PC spesifikasi canggih.

Overclock bukanlah sesuatu yang menakutkan, walaupun risiko yang terjadi jika ada kegagalan adalah kerusakan pada komponen PC. Tetapi jika Anda melakukan overclock dengan cara yang benar, maka hal tersebut tidak akan terjadi dan optimalisasi PC akan nyata terlihat. Melalui buku ini Anda akan mendapatkan berbagai informasi yang bermanfaat, seperti pengenalan overclock, pengenalan hardware yang bisa di-overclock, pengujian pada komponen PC, proses overclock, sampai dengan tip-trik menarik seputar overclock.

2012 Akankah Kiamat Benar-Benar Terjadi

Penerbit      :  Pustaka Timur
Pengarang  :  Kukuh Mulyanto
Halaman      :  141 hal
ISBN              :  979-3837-3-6


Akhir-akhir ini di masyarakat sedang 'banjir' informasi mengenai isu kiamat yang-konon-akan terjadi pada 21 Desember 2012. Namun, begitu banyak orang yang-termasuk penulis buku ini-sulit menerima kenyataan jika dunia ini memang benar-benar akan berakhir pada akhir 2012.

Benarkah kiamat akan terjadi pada 2012? Bagaimana pandangan ilmuwan, agamawan, saintis atas informasi ini? Buku ini berusaha menjawab secara menyeluruh atas pertanyaan ini dengan merujuk pada berbagai sumber, termasuk pada dalam agama Budha, Hindu, Kristen dan Islam.

MENGGUNAKAN 3D STUDIO MAX 2010

Penerbit      :  Andi Publisher
Pengarang  :  Wahana Komputer
Halaman      :  244 hal.
ISBN              :  978-979-29-1239-5


3D Studio Max merupakan aplikasi untuk modeling, rendering, dan animasi yang memungkinkan Anda mempresentasikan desain, seperti desain interior, arsitektur, dan iklan secara realistis. Kelengkapan fitur, sistem parametrik pada objek serta sistem keyframe pada animasi, menempatkan 3ds Max menjadi program animasi populer dibandingkan aplikasi sejenis. Kemampuan yang mendekati sempurna akan sangat membantu para pengguna komunikasi visual dalam menggambarkan suatu ide atau gagasan desain menjadi sebuah karya visual menarik.

Buku Tutorial 5 Hari: Menggunakan 3D Studio MAX 2010 ini akan mengajarkan pada Anda teknik dalam memanfaatkan aplikasi 3ds untuk membuat objek animasi 3 dimensi hanya dalam waktu lima hari. Materi yang diberikan mulai dari teknik dasar 3D Studio Max 2010, mempelajari objek 2D shape, seleksi objek, hingga teknik pembuatan animasi.

Buku ini akan membahas :
•    Hari Pertama : Teknik Dasar 3D Studio Max 2010
•    Hari Kedua : Modeling dan Transformasi
•    Hari Ketiga : Compund Objects dan Object Modifier
•    Hari Keempat : Cahaya, Kamera, dan Menambahkan Material
•    Hari Kelima : Rendering dan Teknik Pembuatan Animasi

36 Jam Belajar Komputer : MICROSOFT WINDOWS 7

Penerbit      :  Elex Media Komputindo
Pengarang  :  Budi Permana
Halaman      :  400 hal.
ISBN              :  9789792761658


Microsoft Windows 7 merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft Corporation. Sistem operasi ini untuk mengganti Microsoft Windows versi sebelumnya. Menggunakan Microsoft Windows 7 semua yang Anda kerjakan dengan komputer akan terasa lebih menyenangkan, mudah digunakan, lebih cepat, hemat energi, kompatibel dengan berbagai software dan hardware, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas multimedia terbaru.

Buku 36 Jam Belajar Komputer Microsoft Windows 7 dibuat agar Anda dapat mempelajari, memahami dan mencoba sistem operasi Microsoft Windows 7 secara cepat dan mudah sesuai kebutuhan. Seperti halnya buku seri 36 Jam Belajar Komputer yang lain, buku ini terdiri dari 18 modul. Setiap modul berisi penjelasan praktis materi pelajaran dan contoh pemakaiannya. Setiap modul diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu 2 jam. Bila sebuah modul dapat diselesaikan kurang dari 2 jam, Anda dapat melanjutkan ke modul berikutnya, atau mengulang pemahaman pada modul tersebut.

Buku 36 Jam Belajar Komputer Microsoft Windows 7 dibagi menjadi 18 modul berikut:
- Mengenal Microsoft Windows 7.
- Mulai Bekerja dengan Windows 7.
- Menggunakan dan Mengatur Taskbar Windows 7.
- Mengatur Desktop, Desktop Gadget dan Menjelajahi Komputer.
- Mengelola File, Folder dan Recycle Bin.
- Menggunakan Windows Media Center, Search dan Help.
- Mengatur Control Panel, Informasi Sistem, dan Hardware.
- Menggunakan dan Mengatur Printer.
- Mengatur Konfigurasi Umum Windows 7.
- Mengatur Sound dan Menggunakan Windows Media Player.
- Mengoptimalkan Komputer.
- Menggunakan Program Aplikasi Pelengkap.
- Menggunakan WordPad dan Paint.
- Mengatur Keamanan Komputer.
- Mengatur Pemakai Komputer).
- Menggunakan Network and Sharing Center.
- Menggunakan Internet Explorer 8.
- Mengatur Konfigurasi Internet Explorer dengan Internet Options.


Editor’s Note
Terdiri dari 18 modul, dan setiap modul bisa diselesaikan dalam waktu 2 jam

Nexus Event 2012 : Are You Ready?

Penerbit      :  Imania
Pengarang  :  Pane Andov
Halaman      :  152 hal.
ISBN              :  978-602-95607-5-6


Bentuk energi yang tidak diketahui terdeteksi datang dari Lubang Hitam Sangat Masif di pusat galaksi kita. Energi ini akan menghantam Bumi tepat pada 21 Desember 2012 dan akan mengaktifkan material genetika laten yang dikenal sebagai DNA Sampah dan menyebabkan evolusi pada umat manusia. Namun, sebelum energi itu datang, planet ini akan mengalami perubahan ekstrim dalam setiap tatarannya. Kita telah mengalami perubahan iklim, dinamika Matahari kita telah berubah, dan kita tengah menyaksikan begitu banyak kehadiran UFO dalam sistem kehidupan kita.
 
Sebagian manusia yang bersikap lebih terbuka telah mempelajari pesan yang telah sampai melalui gejala yang dikenal sebagai lingkaran ladang. Sebagian dari pesan itu ditulis dalam bahasa purbakala dan ada hubungan yang jelas dengan kebudayaan Maya kuno. Pesan geometri yang rumit ini dengan jelas mengungkapkan bahwa kita menaruh perhatian pada kedatangan energi kosmis dari pusat galaktika. Pada salah satu pesannya ada ekspansi Matahari kita yang digambarkan dengan tepat terjadi pada akhir Kalendar Hitung Panjang masyarakat Maya pada 2012.
- Akankah Matahari kita menerima energi galaktika ekstrim yang akan   mengubah setiap aspek dalam keberadaan kita di Bumi?
- Benarkah  sistem ketahanan tubuh semua hewan dan termasuk manusia akan banyak melemah?
- Akankah lapisan luar Bumi mengalami pertambahan gunung berapi, pergerakan tektonik, gempa bumi, dan tanah longsor?
- Benarkah medan magnet Bumi melemah dan radiasi matahari bertambah berlipat ganda yang akan mengakibatkan bahaya radiasi seperti kanker dan sebagainya tidak dapat dihindari?
- Akankah benda-benda angkasa tertarik masuk ke Bumi?
Banyak orang yang percaya bahwa jawabannya adalah Ya.