Ads 468x60px

Algoritma

Tidak setiap permasalahan dapat dicari solusinya(problem solving)  secara mudah,mungkin hanya masalah kecil yang dapat diselesaikan secara mudah,mungkin untuk masalah kecil dapat dicari solusinya (problem solving)  secara mudah dan cepat,hal itu tidak berlaku untuk masalah besar.Misal untuk masalah besar adalah kita melakukan penjumlahan  n+1 hingga nilai n=1000 yang nilai n sebelumnya adalah 1 ,mungkin jika dilakukan secara manual hal tersebut cukup lama.Oleh karena itu di dalam kasus permasalahan seperti ini kita memerlukan cara yang lebih efisien yaitu dengan menggunakan algoritma.
Algoritma adalah tahapan-tahapan yang berurutan dalam menyelesaikan  suatu permasalahan.
Jika penjumlahan n+1 hingga dilakukan secara manual,maka akan seperti ini:
1 - Tambahkan n+1=2
2 - Tambahkan n+1=3(nilai n sebelumnya 2)
3 - Tambahkan n+1=4(nilai n sebelumnya 3)
999 - Tambahkan n+1=1000(nilai n sebelumnya 999)

Cara tersebut tentu bukanlah cara yang efisien,karena selain memerlukan waktu yang lama juga merupakan penghamburan jika sudah berupa program,berikut adalah cara yang lebih efisien dengan menggunakan algoritma.
Cara 1:
1 – Tambahkan  nilai n+1 hingga nilai n=1000
Cara 2:
1 – Ulangi n+1 hingga 999 kali
2 cara diatas adalah cara yang lebih efisien tentu merupakan sebuah algoritma.

Dalam kehidupan sehari-haripun banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan algoritma,seperti bagaimana cara merakit dan menghidupkan komputer,menginstall sebuah software,panduan pratikum,dan sebagainya.
Sebuah algoritma dilakukan dilakukan dengan sebuah proses.Secara umum benda yang mengerjakan suatu proses disebut pemroses(processor) yang dapat berupa computer,manusia,robot dan alat-alat lainnya.

0 comments:

Post a Comment